3 Poin ini Dinilai Untungkan Indonesia Dengan Masuknya Perusahaan Asing

3 Poin ini Dinilai Untungkan Indonesia Dengan Masuknya Perusahaan Asing

Agustus 14, 2019 0 By Jonathan Geovano
SHARE BERITA INI :
69

NESIATIMES.COM, – Banyak kritik menyerang perusahaan asing di Indonesia, yang dikatakan telah merebut lahan pekerjaan dari industri dalam negeri. Namun, Jika diteliti lagi, dapat dilihat bahwa perusahaan asing saat ini, merupakan sumber pembangunan untuk Negara berkembang seperti Indonesia.

Inilah keuntungan-keuntungan yang didapatkan oleh Industri Domestik di Indonesia:

Lapangan Pelatihan (sumber: karyaONE.co.id)

  • Lapangan Pelatihan

Banyak perusahaan asing yang menitikberatkan pelatihan bagi karyawannya sejak dini. Selain itu standar kualitas, layanan, dan kebersihan merupakan nilai yang terekat pada perusahaan-perusahaan asing ini. Contohnya dapat dilihat dari industri makanan cepat saji seperti Mcdonald. Dimana karyawan baru harus mempelajari semua 25 posisi yang ada didalam toko, mulai dari kasir hingga ke koki dan pelatihan ini dilakukan dibawah wawasan kru pelatihan. Fokus utama perusahaan asing seperti Mcdonald sendiri adalah pengembangan kualitas kerja secara keseluruhan dan bukanlah keterampilan yang dimiliki masing-masing staf.

Kegiatan Ekspor (sumber:hipwee.com)

  • Mempromosikan Ekspor

Setelah perusahaan asing merafitikasikan bahan baku dalam negeri apa yang akan yang akan digunakan cabangnya, maka perusahaan ini juga akan bekerjasama dengan produsen bahan baku ini untuk memungkinkan mereka mengekspor ke cabang perusahaan asing tersebut yang berada di Negara lain. Dengan memfasilitasi ekspor, secara tidak langsung perusahaan asing memaksa pemasok bahan baku untuk memenuhi standar dunia. Penjualan ke McDonald dapat disama artikan dengan mengekspor. Selain itu, dengan memenuhi standar dunia, para pemasok bahan baku juga basa mengekspor atas pihak mereka sendiri ke berbagai pasar internasional.

Kewirausahaan Dalam Negri (sumber:kalimantan.bisnis.com)

  • Memajukan Kewirausahaan

McDonald telah mempromosikan pengembangan kewirausahaan di Negara yang ditempatinya. di dalam Negara tempat perusahaan asing beroperasi, pengusaha lokal akan berusaha mengkopi model-model yang telah diterapkan oleh perusahaan asing, dengan adanya modifikasi di beberapa tempat. Dimana intinya bahwa perusahaan asing memberikan inspirasi bagi para pengusaha domestik. Contohnya dapat dilihat dari banyaknya industri makanan cepat saji domestik Indonesia yang meniru menu ayam goreng KFC, maupun meniru menu makanan cepat saji dari Korea.

 

(EFG/JG)