4 Cara Cermat Dalam Mengolah Sampah Rumah Anda

4 Cara Cermat Dalam Mengolah Sampah Rumah Anda

September 20, 2019 0 By Alexander Fernando
SHARE BERITA INI:
158

NESIATIMES.COM – Sampah merupakan limbah yang akan menjadi masalah besar jika Anda tidak mengetahui cara mengolahnya dengan baik. Ditambah lagi jika sampah berserakan dan menumpuk di sekitar rumah Anda, karena hal ini dapat memicu munculnya sarang bakteri dan kuman.

Cermat dalam mengolah sampah adalah ilmu yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah Anda. Berikut cara cermat dalam mengolah sampah rumah Anda, yaitu:

1. Pasang kantong plastik di tempat sampah

Sampah rumah tangga tidak hanya sampah yang kering saja, jika langsung membuang sampah basah ke dalam tong dapat menyebabkan tempat sampah kita bau dan perlu dibersihkan terus menerus. Untuk memudahkan kita dalam membuang sampah basah maupun kering tinggal pasangkan kantong plastik di tong sampah agar limbah tersebut tidak membuat tong sampah bau dan dibersihkan tiap kali pakai.

2. Membedakan sampah Organik dan Non Organik

Dengan cara memisahkan sampah organik (dapat diurai alami) dan non organik dapat membantu orang lain dan diri Anda sendiri dalam mengelola sampah kedalam tahapan selanjutnya.

3. Jangan biarkan sampah menumpuk

Jika Anda terlalu lama menimbun sampah daapat membuat kotoran semakin tercecer dan menumpuk di rumah Anda, Oleh karena itu segera buang sampah selagi masih sempat. Selain tidak enak untuk dilihat dan menimbulkan bau busuk, sampah basah atau kering jika dibiarkan selama beberapa hari akan menimbulkan sarang tumbuhnya ulat atau jamur.

4. Trik 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Trik Pengurangan (Reduce), Penggunaan kembali (Reuse), dan Pendaurulangan sampah (Recycle) sudah tidak boleh diragukan lagi, dikarenakan sudah terbukti mengurangi masalah sampah didunia. Maka dari itu untuk mengurangi sampah di rumah, biasakanlah mengurangi penggunaaan pemakaian plastik, kertas, atau bahan lainnya yang sulit terurai.

Mengelola sampah tak hanya membuat Anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit, tetapi juga menjaga kebersihan dan tampilan rumah Anda. Jadi, cermatlah dalam mengelola sampah rumah Anda.