4 Tips ini Dapat Menjaga Akun Medsos Anda Dari Hacker

4 Tips ini Dapat Menjaga Akun Medsos Anda Dari Hacker

September 20, 2019 0 By Kevin Hermansyah
SHARE BERITA INI:
140

NESIATIMES.COM Dewasa ini, membuat akun media sosial semakin hari semakin dipermudah oleh pihak Facebook, Twitter, Instagram maupun WhatsApp. Namun, Kemudahan tersebut seringkali mengabaikan keamanan privasi akun yang dibuat.

Dilansir dari Kompas.com, Manajer Kampanye Kebijakan Facebook Indonesia Noudhy Valdryno, menjelaskan, keamanan privasi akun di media sosial di Indonesia akhir-ahir ini menjadi isu yang hangat dibicarakan karena tingkat kesadarannya belum tinggi.

Meskipun keamanan privasi akun sering dianggap sebelah mata, namun sebenarnya sangatlah penting untuk  diperhatikan, karena jika privasi media sosial Anda bocor kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, maka siap-siap untuk kehilangan seluruh data yang tersimpan di media sosial yang Anda miliki.

Salah satu kasus pembobolan akun media sosial yang dilakukan oleh hacker Rusia seperti dikutip dari CNN Indonesia, dimana mereka menjual data pengguna dalam bentuk pesan pribadi. Orang lain bisa dengan bebas membaca berbagai pesan pribadi pengguna.

Mulai dari pesan pribadi tentang keluhan soal menantu, pembicaraan dengan sesama teman tentang liburan mereka, soal konser Depeche Mode, hingga pembicaraan intim pasangan.

Sebagai masyarakat yang hidup di zaman teknologi, kita harus berhati-hati dalam menjaga akun media sosial supaya tidak dapat mudah dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nesiatimes.com merangkum beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menjaga keamanan akun media sosial Anda, yakni:

1. Persiapkan password yang berbeda di setiap akun Media Sosial Anda

 Apakah di setiap akun Anda mempunyai password yang sama? Jika iya, segeralah untuk mengganti passwordnya.

Twitter dan Facebook menyarankan supaya memiliki password  yang berbeda pada setiap akun Media sosial yang terdaftar.

Password disarankan memiliki 8-10 karakter yang tidak mainstream dikombinasikan dengan huruf kapital, angka dan simbol dan paling penting jangan memberikan password Anda kepada siapa pun.

2. Logout media sosial jika menggunakan perangkat publik

 Perangkat publik dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengakses media sosial apa pun, apabila Anda login ke perangkat publik, jangan lupa untuk keluar (logout) dari akun tersebut.

Jika Anda lupa untuk melakukan logout pada perangkat publik tersebut, kemungkinan besar yang menggunakan perangkat setelah Anda akan iseng untuk menjahili ataupun menghapus akun pribadi Anda.

3. Hindari web palsu (Phising)

Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui netizen dengan maksud untuk mencuri akun target.

Phising biasanya dibuat pada website yang dibuat semirip mungkin bertujuan untuk mencuri akun-akun oleh pemasangnya.

Cara mencegah Phising yaitu melihat dengan jeli apa maksud dari postingan penjebak. Apabila sudah terkena phising, sesegera mungkin untuk melakukan ganti password.

Jika gagal untuk log-in, Anda bisa memulihkan akun Anda dengan fitur “forget the password” pada media sosial masing-masing. 

4.Hindari penggunaan WiFi Publik

WiFi publik merupakan sarang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan aksinya. Jangan melakukan hal-hal apapun yang berkaitan dengan media sosial, dikarenakan mereka dapat melihat hal-hal apa saja yang Anda lakukan jika anda connect ke wifi publik yang sama.

Jika menggunakan beberapa tips-tips di atas, Anda akan menjadi lebih paham dalam menjaga keamanan akun media sosial Anda sendiri.