5 Cara Efektif Ini Mampu Kelola Stres Dalam Diri Anda

5 Cara Efektif Ini Mampu Kelola Stres Dalam Diri Anda

Agustus 13, 2019 0 By Petrus C. Vianney
SHARE BERITA INI :
99

NESIATIMES.COM, – Tekanan dan tuntutan membuat banyak orang terutama di perkotaan mengalami stres. Namun, jangan biarkan stres membelenggu diri anda. Karena itu, penting bagi anda untuk mengelola stres, bukan menghindarinya.

Berikut adalah 5 cara efektif yang dinilai mampu kelola stres dalam diri anda :

Beristirahat sejenak dalam diri anda (Sumber : Istimewa)

  • Beristirahat sejenak dalam pekerjaan

Mungkin tampak sulit untuk menjauh dari pekerjaan. Tetapi, ketika anda membiarkan diri memiliki waktu untuk melakukan sesuatu yang lain, cukup dengan meluangkan waku 10 – 20 menit untuk beristirahat sejenak dan membantu mengendalikan diri sendiri dari pekerjaan yang menumpuk.

Atur jadwal dalam diri anda (Sumber : Firmela.com)

  • Atur jadwal dalam diri anda

Jadilah master dalam diri anda dan buatlah jadwal yang ingin anda lakukan, artinya anda dapat mengatur jadwal secara konsisten untuk mengatur kebiasaan sehari- hari. Salah satu contoh ialah bangun pagi secara teratur, atau anda mulai merencanakan waktu liburan anda.

Berolahraga secara teratur
(Sumber : brilio.net)

  • Olahraga

Penelitian terus berkembang bahwa Olahraga bermanfaat untuk diri anda serta pikiran anda. Olahraga rutin akan bermanfaat untuk jangka panjang. Bahkan, 20 menit berjalan kaki, jogging, berenang atau berlari di tengah- tengah waktu stres dapat memberikan efek langsung yang berdampak selama beberapa jam.

Meditasi untuk mengelola stres (Sumber : Istimewa)

  • Meditasi dan Berdoa

Meditasi dan berdoa secara sadar membantu pikiran dan tubuh rileks serta fokus. Ketika berlatih bentuk kesadaran, orang dapat melepaskan emosi yang mungkin telah menyebabkan stres fisik. Sama seperti olahraga, bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa bermeditasi secara singkat dapat menuai manfaat langsung.

Hindari minuman beralkohol (Sumber : Istimewa)

  • Hindari Alkohol

Ketika stres terasa begitu berat, banyak orang yang mencoba mengalihkannya dengan mengonsumsi minumal beralkohol. Padahal, mengonumsi alkohol dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan gangguan lainnya.

Maka dari itu, kelola stres anda dan jangan biarkan sampai menumpuk. Pelajari betul hal- hal yang baik dan hindari melakukan yang tidak baik.

(EFG/ PC)