Air Rebusan Pembalut Wanita Membuat Fly, Apa Kandungan di Dalamnya?

Air Rebusan Pembalut Wanita Membuat Fly, Apa Kandungan di Dalamnya?

Juli 31, 2019 0 By Meliana Leonardi
SHARE BERITA INI:
67

NESIATIMES.COM – Indonesia sempat digemparkan dengan fenomena mabuk air rebusan pembalut wanita. Untuk mendapatkan sensasi fly seperti menggunakan narkotika dengan biaya yang murah beberapa pemuda melakukan percobaan meminum air rebusan pembalut wanita.

Memang benar nyatanya bahwa air rebusan pembalut wanita dapat membuat peminumnya merasakan sensasi fly seakan menggunakan narkotika. Mengapa bisa demikian? Kandungan apa yang terdapat di dalam pembalu wanita?

Berdasarkan penelitian YLKI pada 2015 terhadap tujuh produk pantyliner dan sembilan pembalut, semuanya mengandung klorin. Beberapa pembalut bahkan memiliki kandungan klorin yang tinggi yakni diatas 20,4 ppm.

Sebenarnya kandungan zat kimia dalam pembalut wanita sejatinya bukan merupakan zat adiktif. Namun, zat kimia seperti klorin dapat menimbulkan beberapa efek pada otak manusia.

Klorin dapat mengakibatkan efek pada sistem neuro psikologis manusia. Senyawa ini bersifat korosif atau mengikis organ dan menyebabkan iritasi pada kulit, mata hingga saluran pernapasan.

Komposisi pembalut juga terdiri dari non woven, pulp, super absorbent polymer (SAP), polyethylene backsheet, silicon coated paper, holt melt adhesive, tissue pulp, dan sebagainya. Kandungan lain ini bisa menjadi senyawa karsinogen yang apabila terus terakumulasi dapat memicu kanker.

Penyalahgunaan produk dari konsumen ini dapat membawa dampak yang sangat buruk . Produk pembalut seharusnya dipakai untuk menampung darah menstruasi bukan untuk dikonsumsi langsung.

PENULIS : MELIANA LEONARDI

EDITOR : EFG