Alasan Rasional Mengapa Perempuan Wajib Berpendidikan Tinggi

Alasan Rasional Mengapa Perempuan Wajib Berpendidikan Tinggi

September 22, 2018 0 By admin nesiatimes.com
SHARE BERITA INI:
2.174

Oleh : Riska Zebua

NESIATIMES.COM – Bagi saya, perempuan adalah ujung tombak keberhasilan anak-anak dan suami dalam sebuah keluarga. Maka dari itu, perempuan wajib memiliki ilmu yang cukup untuk bisa mendampingi suami dan mendidik anak selama di dunia dan bila perlu di akhirat.

Banyak yang berasumsi bahwa perempuan berpendidikan tinggi ujung-ujunganya akan menjadi seorang ibu rumah tangga yang hanya berkutat di ranah dapur, atau mengurus rumah tangga. Memang ada benarnya juga, tetapi tidak hanya berkutat di ranah dapur atau mengurus rumah tangga saja tetapi juga bisa bekerja di luar, persis seperti laki-laki. Kenapa tidak seorang perempuan dapat bekerja sebagai pengurus rumah tangga dan juga sebagai karyawan di salah satu instansi? Bukannya justru lebih baik demikian? Biar nambah-nambah penghasilan suami,bukan? Itulah sebabnya perempuan dapat berpendidikan tinggi sesuai keinginannya.

Selain alasan-alasan di atas, saya pun menemukan beberapa alasan rasional mengapa perempuan wajib berpendidikan tinggi?

Pertama, seorang perempuan akan menjadi ibu bagi anak-anaknya, akan menjadi madrasah pertama bagi anaknya. Kedua, harus digaris bawahi bahwa pendidikan pertama seorang anak adalah pendidikan yang diberikan oleh ibu, oleh karena itu seorang ibu wajib memperlengkapi dirinya dengan berbagai ilmu pengetahuan agar bisa diajarkan kepada anak. Ketiga, masalah pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting, sebab anak adalah generasi penerus masa depan keluarga dan perlu didorong dengan berbagai pengetahuan keluarga, terutama ibu sebagai aktor utama yang bersosialisasi kepada anak.

Dr. Rina Masadah Sp.PA.M.Phil.DFM salah satu Dokter Rumah Sakit Siloam pernah mengatakan bahwa setiap anak diwariskan tingkat intelektual dan kromosom satu gen dari ibunya, bukan ayahnya. Oleh sebab itu carilah istri yang pandai bukan yang cantik. Seorang artis yang kita kenal Dian Sastrowardoyo, juga pernah mengatakan bahwa perempuan itu entah mau berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, tetapi yang jelas seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu-ibu cerdas yang dapat menghasilkan anak-anak cerdas.

Akhir tulisan ini, saya ingin menjelaskan bahwa meskipun di era modernisasi saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa pendidikan tinggi tidak wajib bagi perempuan karena berbagai alasan tetapi sebagai perempuan tidak bisa begitu saja menerima anggapan itu dan mengiyakannya. Kita sebagai perempuan yang rasional pasti dapat mempertimbangkan banyak hal, dan memilih untuk menolak anggapan tersebut. Karena kita memiliki alasan yang lebih rasional untuk memiliki pendidikan tinggi, sebagaimana yang telah saya uraikan pada tulisan ini.

So, perempuan Indonesia jangan takut berpendidikan tinggi, raihlah pendidikanmu setinggi mungkin untuk masa generasimu. Khususnya perempuan Nias..perempuan Nias harus cerdas.