ANOMALI GLOBALISASI

ANOMALI GLOBALISASI

November 24, 2018 0 By Redaksi
SHARE BERITA INI:
857

NESIATIMES.COM – DENTUMAN pengaruh globalisasi menuai kontroversi dalam kehidupan masyarakat. Globalisasi yang berarti dunia ini dapat diartikan sebagai proses masuknya pengaruh keruang lingkup dunia.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya- upayapembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi. Teknologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap globalisasi. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

Derasnya arus globalisasi yang masuk ke berbagai bidang kehidupan merupakan hal yang tidak dapat dihindari di era yang serba modern ini. Pengaruh globalisasi berdampak di berbagai bidang baik positif maupun negatif. Globalisasi telah berlangsung pada semua sisi kehidupan masyarakat Indonesia, mulai dari bidang ekonomi, politik, sosial budaya, ideologi, dan lain sebagainya. Salah satu pengaruh globalisasi yang cukup signifikan adalah terhadap gaya hidup masyarakat Indonesia.

Sebagai istilah, globalisasi begitu mudah diterima atau dikenal masyarakat seluruh dunia. Hingga globalisasi menyentuh kehidupan masyarakat yang membawa berbagai dampak baik positif maupun negatif. Globalisasi membuat kehidupan kita lebih berkembang dan maju, pikiran kita menjadi lebih terbuka akan dunia luas, dan pengetahuan kita bertambah. Namun dampaknya terasa di segala sisi, di mana kehidupan masyarakat terpecah menjadi dua, yakni pihak yang “menang” dan pihak yang “kalah” sehingga ada kesenjangan antar masyarakat. Ini menyebabkan masyarakat yang terbelakang terjerat kemiskinan, pengangguran, serta lemah dalam kontrol regulasi terhadap korporasi yang punya rekam jejak buruk dalam hal lingkungan. Akhirnya, globalisasi bukan hanya menyebabkan timbulnya dusun masyarakat tapi juga perampasan kehidupan masyarakat.

Pengaruh itu terjadi karena adanya gesekan-gesekan peradaban dan budaya antara masyarakat yang berbeda sehingga secara berangsur-angsur akan menghasilkan perubahan dan perkembangan pada komunitas tersebut. Perubahan perilaku masyarakat merupakan salah ciri yang dapat dilihat.Arus globalisasi pada kehidupan masyarakat, misalnya gaya masyarakat sehari-hari cenderung bergaya hidup mewah. Dengan melihat tayangan-tayangan sinetron, telenovela yang ada di TV membuat orang tidak menyesuaikan dengan pendapatan rumah tangganya. Namun juga berdampak positif, misalnya orang sekarang sangat menghargai waktu. Kamu tentu sering mendengar ungkapan yang berbunyi timeismoney. Ungkapan itu secara mudah berarti waktu adalah uang. Menghargai waktu sangat penting. Begitu pentingnya waktu, mereka menyamakan waktu dengan uang. Jadi waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Oleh karena itu, banyak di kalangan kita yang menghargai waktu. Nah termasuk kamu, apakah kamu juga memanfaatkan waktu itu dengan baik. Misalnya waktu sekolah, waktu bermain, waktu belajar, dan sebagainya.

Globalisasi membawa distorsi dalam kehidupan masyarakat. Tidak ada sekat yang menghalangi terjadinya komunikasi antar individu. Globalisasi juga telah menyuguhkan banyak informasi yang berasal dari negara lain. Berbagai macam informasi mengalir dari satu tempat ke tempat lain. Banyak hal positif dari pertukaran arus informasi ini kita dapat. Namun juga tidak sedikit hal yang negatif yang terkandung di dalamnya. Kita harus pandai atau arif menyikapinya. Kita harus pandai-pandai dalam memilih informasi yang baik (positif) kita ambil, sedangkan informasi yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita (negatif) kita buang.

 

Vanessa Then

Siswi SMA Bunda Hati Kudus Grogol

Loading...