Cosplay Berkontribusi Dalam Acara KAI Esport Exhibition Goes to Jogja

Cosplay Berkontribusi Dalam Acara KAI Esport Exhibition Goes to Jogja

Agustus 22, 2019 0 By Redaksi
SHARE BERITA INI:
153

YOGYAKARTA – KAI Esport Exhibition Goes to Jogja kembali mengadakan lomba cosplay di Jogja Expo Center (JEC), Minggu ( 11/08/2019).

Pada acara kali ini Cosplayer se-Jawa tengah mengikuti perlombaan coswalk yang diadakan oleh PT KAI.

Salah satu kontribusi Cosplay salah satunya adalah mengikuti acara perlombaan yang diadakan oleh KAI Esport Exhibition Goes to Jogja.

Pemenang dipilih oleh juri sebanyak 20 orang dengan kostum terfavorit, penghargaan berupa uang sebesar Rp200 ribu sedangkan 4 cosplayer  yang beruntung terpilih dengan undian, mereka mndapatkan penghargaan masing-masing sebesar Rp1 juta.

Cosplay sendiri  berasal dari budaya barat yang masuk ke Jepang. Istilah tersebut berasal dari kata costume dan play dimana seseorang akan memakai riasan serta pakaian seperti tokoh kartun, komik, dongeng, atau artis.

Ketika mulai merebak di Jepang, kata-kata cosplay ditulis dengan katakana dan ejaannya menjadi kosupure (karena orang Jepang sulit melafalkan konsonan).

Orang yang melakukan aktivitas cosplay disebut sebagai cosplayer. Jadi singkatnya arti cosplay adalah permainan kostum (custome play) dimana orang-orang akan menggunakan baju dan kostum seperti tokoh game, anime, film kartun, dan juga musisi atau artis idola.

Lomba cosplay yang diadakan oleh PT. KAI kali ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara cosplayer se-Jawa Tengah.

Kemudian  Salah satu cosplayer yang mengikuti lomba ini sekaligus pemenang, mengungkapkan bahwa dia sangat antuasias mengikuti perlombaan ini.

“dengan mengikuti lomba cosplay ini saya sangat senang dan antusias sekali, dan juga memberikan pengalaman baru dan wawasan baru” ujar Fajar.

Salah satu peserta lomba cosplay, Reni, berharap dengan adanya acara ini dapat mendorong seluruh cosplay se-Jawa Tengah untuk saling bersilaturahmi sesama cosplayer.

Reni juga berharap  dengan adanya perlombaan ini dapat menyalurkan bakat- bakat  yang terpendam antara lain percaya diri dan bakat dalam bidang akting.

(EFG/BER)