EnChroma, Kacamata untuk Penyandang Buta Warna

EnChroma, Kacamata untuk Penyandang Buta Warna

September 26, 2019 0 By Kevin Hermansyah
SHARE BERITA INI:
110

NESIATIMES.COM – Masyarakat dunia tentunya dapat melihat warna dengan baik, namun beberapa masyarakat tidak seberuntung itu. Masyarakat yang mempunyai buta warna akan kesulitan untuk mengidentifikasi warna tertentu sepanjang hidupnya.

Buta warna tidak selalu melihat dunia dengan pandangan hitam putih, contoh beberapa buta warna yaitu tidak bisa melihat warna biru, merah, kuning dan hijau.

EnChroma merupakan kacamata dari California, kacamata ini dapat memfasilitasi penderita buta warna dikarenakan terdapat tindihan gelombang cahaya yang abnormal dan dapat melihat warna seutuhnya.

Dr Don McPherson seorang ilmuan yang menemukan EnChroma, pada awalnya membuat sebuah kacamata pelindung untuk para dokter saat menjalankan operasi. Tetapi ketika temannya mencoba kacamata buatannya, temannya dapat melihat warna dengan jelas.

Dilansir dari hellosehat.com, Gelombang warna tersebut tidak ditangkap dengan baik oleh sel kerucut, sel pada saraf mata yang berfungsi untuk melihat warna. Lensa EnChroma membantu untuk mengurangi tumpang tindih gelombang cahaya yang abnormal tersebut.

Jadi orang dengan buta warna dapat melihat lebih banyak spektrum cahaya yang sebelumnya tidak dapat ditangkap mata dengan baik.

EnChroma sendiri sudah banyak memiliki bukti kesuksesan kacamata tersebut. Beberapa diantaranya ada pada di sebuah video di website EnChroma.

Meskipun teknologi EnChroma ini canggih, kacamata ini tidak membantu Masyarakat dalam penyembuhan penyakit buta warnanya. Fungsi kacamata EnChroma hanya membantu para penderitanya melihat warna dan dapat membedekannya dengan lebih jelas.

 

Loading...

(EFG/KEVIN)

Loading...