Gerak Cepat! Tjahjo Kumolo Langsung Pangkas Eselon III & IV, Mulai di Kementerian/Lembaga Ini!

Gerak Cepat! Tjahjo Kumolo Langsung Pangkas Eselon III & IV, Mulai di Kementerian/Lembaga Ini!

Oktober 30, 2019 0 By Redaksi
SHARE BERITA INI:
630 ūüď∂

JAKARTA РMenteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo langsung mengeksekusi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin memangkas jumlah eselon di Kementerian.

“Ada 4 poin pidato Presiden Jokowi, yang terutama soal eselonisasi harus disederhanakan mau dipangkas hanya jadi 2,” ucap Tjahjo, Rabu (30/10/2019).

Ia mengatakan bahwa pemangkasan ini dilakukan untuk meningkatkan layanan target. Dimulai dari KemenPAN-RB yang akan jadi contoh.

“Kita ingin meningkatkan layanan target, eselonisasi itu paling lama 10 tahun dan saya mulai dari KemenPAN-RB yang bulan ini eselon III dan IV saya pangkas. Kalau minta Kementerian/Lembaga itu dimulai dari KemenPAN-RB untuk jadi contoh,” kata Tjahjo.

Tjahjo memastikan, meski tidak lagi ada eselon III dan IV, para PNS yang berada di jabatan tersebut tidak berkurang pendapatannya. Kata dia, ini hanya ditata.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bakal serius menyederhanakan birokrasi di pemerintahannya bersama Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.

Loading...

Salah satu yang akan dilakukan Presiden Jokowi adalah menyederhanakan kepangkatan eselon di kementerian dan lembaga.

“Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja,” tegas Jokowi dalam pidato pelantikannya di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Nantinya, eselon diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi.

BACA JUGA:  Kabar Baik! Presiden Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS

 

(EFG/AR)

Loading...
Loading...