Hallowen Akan Segera Datang, Inilah Sejarahnya

Hallowen Akan Segera Datang, Inilah Sejarahnya

Oktober 8, 2019 0 By Kevin Hermansyah
SHARE BERITA INI:
50

NESIATIMES.COM Hallowen akan datang pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Budaya ini dilakukan oleh masyarakat di luar negeri seperti Eropa dan Amerika.

Budaya ini dirayakan dengan menggunakan kostum hantu, membuat muka Jack O’ Lantern di labu, dan trick or treat untuk mendapatkan permen dari para tetangganya.

Di Indonesia, perayaan Hallowen biasanya tidak dilakukan di tempat umum yang terbuka, namun dapat Anda temukan di beberapa tempat seperti toko belanja fashion, restoran, dan mall.

Sejarah Hallowen bermula dari bangsa Celtic yang merupakan nenek moyang bangsa Eropa.

Mereka percaya bahwa pada setiap akhir bulan Oktober, gerbang pembatas antara dunia manusia dan dunia orang mati akan terbuka.

Arwah-arwah jahat berkeliaran dan menganggu mereka seperti menyebarkan penyakit dan merusak tanaman.

Celtic pun melakukan pencegahan seperti memakai kostum-kostum bertema hantu untuk terhindar dari ancaman tersebut.

Simbol Hallowen sendiri adalah labu berbentuk muka Jack O’ Lantern yang diberi lampu untuk terlihat lebih menyeramkan di tempat gelap. Labu dianggap sebagai hasil panen oleh mereka.

Jack O’ Lantern sendiri adalah seorang petani yang cerdas tapi malas. Ia berhasil menipu iblis agar tak dimasukkan ke neraka. Ia pun juga ditolak di surga, sehingga menjadikan dia sebagai arwah berkeliaran dengan membawa sebuah lentera.

Hallowen sendiri sudah dilakukan semenjak 2000 tahun yang lalu dan akan terus berlanjut.