Harga Kelapa di Pulau Tello Anjlok, Petani Mengeluh

Harga Kelapa di Pulau Tello Anjlok, Petani Mengeluh

Januari 25, 2019 0 By Redaksi
SHARE BERITA INI:
463

NESIATIMES.COM, PULAU TELLO – Harga kelapa di kalangan petani  di Kepulauan Batu Kabupaten Nias Selatan mengalami kemerosotan ke level harga Rp 4.000 per kilogram.

Sebelumnya, harga kelapa di kalangan petani ini mencapai Rp 9.000 ribu per kilogramnya. Namun beberapa pekan terakhir, harganya terus merosot dan membuat para petani menjerit.

Rendahnya harga kelapa terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Akibatnya, membuat sebahagian besar masyarakat Kepulauan batu yang merupakan petani kelapa terus menjerit.

Disamping harga kelapa yang tidak sebanding dengan keperluan sehari-hari, cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini juga menambah penderitaan yang dialami para petani.

‘’Murah sekarang, saya jual kemarin Rp. 4.000 per kilogram. Bisa-bisa harga ini akan terus turun (21/01/19),’’ kata Yoabi Wate, salah seorang petani kelapa asal Desa SB. Lorang Kecamatan Pulau Pulau Batu Utara Kabupaten Nias Selatan  yang ditemui awak media akhir pekan yang lalu.

Ia menilai, merosotnya harga kelapa membuat perekonomian masyarakat kepulauan batu terkendala. Akibatnya, masyarakat yang hanya mengandalkan mata pencahariannya hanya dengan kelapa, tentu sangat terasa perubahan bagi perekonomian keluarganya.

“Ntah sampai kapan kondisi seperti ini. Dulu sempat naik sebentar, tapi sekarang kembali lagi turun. Biasanya kalau sudah turun, naiknya sangat lama,’’ ujarnya pasrah.

Sementara itu, Sou Laso, salah seorang petani kelapa asal pulau biang kecamatan pulau pulau batu, juga merasakan hal yang sama. Dirinya terakhir kali menjual kelapa kepada Jiakmal mencapai Rp. 4. 000 per kilogram.

‘’Sekarang harga kelapa kita jual paling berkisar Rp. 4. 000 hingga Rp. 4.200, itu sangat tidak sebanding dengan tingginya kebutuhan sehari-hari kita di keluarga,’’ tuturnya.

Apalagi kata Sou Laso, dengan kondisi saat ini dirinya harus tetap memenuhi keperluan keluarga dan membiayai anaknya yang saat ini sedang sekolah. ‘’Kalaupun sekarang tidak musim hujan, tapi dengan harga yang jauh di bawah, sangat tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari,’’ katanya.

Harga kelapa di kalangan petani di Kepulauan batu bervariasi,  harga kelapa mencapai Rp. 4. 000 hingga Rp. 4. 200 per kilogram. Namun, Sou Laso, warga di kepulauan batu mengaku, kalau dirinya hanya pasrah dan semoga ada perhatian pemerintah kabupaten nias selatan kepada para petani kelapa.

 

(RED: EFG/Sumber NiasTIMES)