Himbau Masyarakat Kurangi Waktu Menggunakan Gadget, Efrem Gaho: Untuk Minimalisir Ketimpangan Sosial

Himbau Masyarakat Kurangi Waktu Menggunakan Gadget, Efrem Gaho: Untuk Minimalisir Ketimpangan Sosial

Februari 2, 2019 0 By Redaksi
SHARE BERITA INI:
559

NESIATIMES.COM, JAKARTA – Gadget adalah produk teknologi canggih yang memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai sarana komunikasi sosial. Satu hal yang membedakan gadget dengan teknologi lainnya adalah unsur kekiniannya. Artinya, gadget selalu menawarkan aplikasi-aplikasi terbaru yang mengikuti perkembangan jaman. Inilah faktor ketertarikan manusia dengan produk teknologi yang satu ini.

Di era yang serba modern ini, teknologi gadget mengalami perkembangan yang begitu pesat. Dari awal kemunculannya yang hanya sebagai alat untuk komunikasi, kini gadget berubah seakan-akan menjadi kebutuhan paling utama bagi setiap manusia. Oleh karena perlakuan istimewa ini, pada akhirnya teknologi gadget menggeser banyak perilaku manusia yang dari sifatnya sosial menjadi individual.

Hal ini merupakan realitas yang tidak bisa dipungkiri, namun, manusia sebagai makhluk sosial pada prinsipnya dapat mengontrol diri dari pengaruh kuat teknologi, salah satunya dengan mengurangi waktu dalam menggunakan gadget.

Senada dengan yang disampaikan oleh Efrem Gaho yang merupakan alumnus Universitas Atma Jaya Yogyakarta Jurusan Ilmu Sosial Konsentrasi Media dan Bisnis, bahwa masyarakat dihimbau untuk mengurangi waktu menggunakan gadget/smartphone.

Efrem Gaho, Alumnus Universitas Atma Jaya Yogyakarta Jurusan Ilmu Sosial Kosentrasi Media dan Bisnis (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut Efrem Gaho menegaskan bahwa himbauan ini dilakukan untuk meminimalisir ketimpangan sosial di masyarakat.

“Kita himbau, supaya bisa kurangi ketimpangan sosial di masyarakat. Ketika sedang berada di ruang-ruang sosial seperti taman, sekolah, tempat kerja, di dalam bus, atau ketika sedang berjejer dengan teman yang lain di suatu tempat, usahakan jangan menggunakan gadget, tetapi berinteraksi lah dengan mereka yang ada di samping kita” Tegas Efrem.

Menurut Efrem, mengurangi waktu untuk menggunakan gadget merupakan salah satu cara untuk mengontrol diri dari pengaruh kuat teknologi gadget. Efrem menjelaskan bahwa teknologi tidak boleh mengendalikan manusia, tapi manusia lah yang mengendalikan teknologi. Ketika manusia yang mengendalikan teknologi, maka manusia dapat menentukan waktu kapan dan di mana paling tepat menggunakan teknologi.

Efrem Gaho mengingatkan bahwa, kini teknologi gadget telah banyak merampas dan menyita waktu jutaan ribu manusia, sehingga banyak dari kita yang lupa eksistensinya sebagai pengendali teknologi.

“Waktu manusia banyak sekali tersita pada teknologi yang satu ini, bahkan untuk makan minum pun bisa jadi lupa karena terlalu asyik main gadget” katanya.

Ilustrasi Ketimpangan Sosial Akibat Teknologi Gadget (Foto: Istimewa)

Berbagai riset telah banyak mengungkapkan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan memperburuk hubungan sosial antar manusia. Mulai dari hubungan keluarga, hubungan pertemanan, hubungan persahabatan dan lain sebagainya.

Ini merupakan dampak dari penggunaan gadget. Di mana, banyak dari antara mereka yang terlalu sering menggunakan gadget sangat sedikit waktunya untuk berinteraksi secara langsung (dunia nyata) dengan keluarganya, temannya, maupun sahabatnya. Pengguna gadget ini malah lebih memilih berinteraksi kepada mereka yang ada di dunia maya.

Bagi Efrem, menggunakan gadget sebetulnya merupakan hal yang wajar dilakukan demi mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tetapi akan lebih wajar apabila gadget digunakan secara bijak, kapan dan di mana menggunakan gadget harus diatur waktunya, tidak boleh terus menerus, dan bila perlu utamakan interaksi secara langsung kepada orang di sekeliling kita demi menjaga tali silahturahmi.

Efrem menyampaikan bahwa himbauan yang diberikan ini bertujuan untuk mengembalikan budaya manusia sebelum adanya teknologi gadget, yakni lebih mengutamakan interaksi sosial secara langsung.

Efrem Gaho

Efrem Gaho berharap masyarakat tidak terus menerus terlena dengan perkembangan teknologi gadget. Efrem mengajak semua masyarakat untuk mengurangi waktu dalam menggunakan gadget agar tersedia waktu untuk berinteraksi dengan keluarga, teman, sahabat yang nyata ada di sekeliling kita. Kesediaan masyarakat untuk mengurangi waktu menggunakan gadget secara otomatis dapat meminimalisir ketimpangan sosial.

 

(RED: AR)