ICW Usul Pimpinan KPK Sumbangkan Seluruh Gajinya ke Korban Corona

ICW Usul Pimpinan KPK Sumbangkan Seluruh Gajinya ke Korban Corona

Maret 27, 2020 0 By NANAHARASUYA
SHARE BERITA INI:
710 šŸ“¶

JAKARTA, NESIATIMES.COM — Pihak Indonesia Corruption Watch usulkan agar gaji pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disumbangkan seluruhnya untuk korban terdampakĀ virus corona atauĀ Covid-19.

“Jika sejumlah pihak lain berkomitmen memotong gajinya sebesar 30 persen atau 50 persen untuk berkontribusi, kami mengusulkan pimpinan KPK sebaiknya memberikan 100 persen gajinya,” ucap Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz, seperti dikutip Nesiatimes.com dari Kompascom, Jumat (27/3/2020).

Donal mengungkapkan usul kami seharusnya gaji mereka dipotong saja agar tidak menjadi penyakit.

“Sehingga usul kami sebaiknya 100 persen gaji mereka dipotong saja agar tidak jadi penyakit,” ucap Donal.

Adapun PP Nomor 82 Tahun 2015 mengatur bahwa ketua KPK memperoleh gaji sebesar Rp 5.040.000 sedangkan wakil ketua KPK gajinya sebesar Rp 4.620.000.

Selain gaji di atas, ketua dan wakil ketua KPK juga memperoleh berbagai tunjangan seperti tunjangan jabatan, tunjangan kehormatan, tunjangan perumahan, dan tunjangan transportasi yang besarannya mencapai puluhan juta Rupiah bila dijumlahkan.

BACA JUGA:  Daftar Harga 3 Kelas BPJS yang akan Naik Tahun Depan
Loading...

Kemudian usulan memotong gaji pejabat untuk penanganan Covid-19Ā tidak hanya dialamatkan kepada para pimpinan KPK.

Sebelumnya juga Fraksi PPP dan Fraksi Nasdem di DPR telah mengusulkan agar gaji anggota DPR dipotong dan disumbangkan untuk penangananĀ virus Corona.

Loading...
Loading...