Ini Tanggal Wafat Empat Presiden Indonesia, Tercatat Dalam Sejarah

Ini Tanggal Wafat Empat Presiden Indonesia, Tercatat Dalam Sejarah

12 September 2019 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Bangsa Indonesia kembali kehilangan salah satu putera terbaiknya. Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) pada pukul 18.05, Rabu (11/9/2019).

Habibie wafat dalam usia 83 tahun setelah mendapatkan perawatan intensif selama seminggu terakhir dibawah penanganan 44 dokter kepresidenan.

Bapak Teknologi Indonesia ini menjadi Presiden keempat Indonesia yang meninggal dunia.

Tiga Presiden Indonesia sebelumnya yang sudah wafat adalah Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, dan Presiden Abudrahman Wahid atau Gusdur.

Presiden Sukarno meninggal dunia pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Sukarno wafat di usia 69 tahun dan dimakamkan keesokan harinya di Blitar bersebelahan dengan makam ibunya.

Presiden Indonesia berikutnya yang wafat adalah Soeharto. Presiden kedua Indonesia yang memerintah selama 32 tahun ini wafat pada 27 Januari 2008 pukul 13.10 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Soeharto wafat di usia 86 tahun. Ia dimakamkan di Astana Giri Bangun, Solo.

Selanjutnya adalah Presiden Gusdur, Gusdur wafat pada hari Rabu 30 Desember 2009 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada pukul 18.45 di usia 69 tahun akibat berbagai komplikasi penyakit. Ia dimakamkan di  Pemakaman Tebuireng.