Kalau Tidak Dipulangkan, Al Chaidar: Eks ISIS Berpotensi Serang Indonesia

Kalau Tidak Dipulangkan, Al Chaidar: Eks ISIS Berpotensi Serang Indonesia

Februari 9, 2020 0 By NANAHARASUYA
SHARE BERITA INI:
7.559 šŸ“¶

NESIATIMES.COM — Pengamat Terorisme Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, Al Chaidar, menilai Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS yang jumlahnya sekitar 600 orang harus dipulangkan ke Indonesia.

Menurutnya, kalau tidak dipulangkan, maka kemungkinan mereka malah menjadi sangat radikal dan berpotensi menyerang Indonesia.

“Saya kira justru kalau tidak dipulangkan mereka akan jadi sangat radikal dan bisa jadi nanti mencoba melakukan serangan-serangan apa pun yang mereka bisa terhadap Indonesia ataupun terhadap negara lain,” ungkap Al Chaidar kepada acehkini, seperti dikutip dari kumparan, Minggu (9/2/2020).

Menurut Al Chaidar, Pemerintah Indonesia kemungkinan besar tidak mau memulangkan WNI eks ISIS karena takut mereka akan mengacaukan Indonesia.

Padahal, kata dia, pemerintah jangan takut berlebihan karena yang pulang ke Indonesia adalah orang yang sudah menyesal dan lelah di Suriah.

Loading...

Kemudian selain itu, menurut Al Chaidar, mereka yang pulang adalah orang yang sudah menyadari bahwa ISIS ternyata negara abal-abal dan tidak bisa memberikan jaminan apa pun.

“Jadi mereka tetap masih menganggap bahwa Indonesia adalah kampung halaman,” jelasnya.

Loading...
Loading...