Lion Air Balikpapan-Surabaya Mendadak Batal Terbang, Pilot Ungkap Alasannya

Lion Air Balikpapan-Surabaya Mendadak Batal Terbang, Pilot Ungkap Alasannya

22 Februari 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pembatalan penerbangan Pesawat Lion Air kode JT-261 rute Balikpapan-Surabaya, Minggu (21/2/2021) menimbulkan tanda tanya.

Padahal pesawat yang akan berangkat dari Sepinggan, Balikpapan itu sudah berada di landasan pacu (runway) siap lepas landas (take off) pukul 14.40 Wita sesuai jadwal terbang.

Melalui keterangan tertulis, melansir dari KOMPAS.com, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengungkap alasan batalnya penerbangan tersebut.

“Pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda keberangkatan karena kondisi kecepatan mesin masih rendah,” ungkap Danang, Minggu (21/2/2021).

Menurut Danang, terdapat indikator pada kokpit yang menunjukkan perlunya pengecekan lebih lanjut pada salah satu komponen mesin.

Pilot kemudian membawa pesawat itu kembali ke parkir (apron) di Bandara Sepinggan Balikpapan dan meminta penumpang kembali ke ruang tunggu.

Hal ini cukup mengherankan Danang lantaran Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LHM itu sebelumnya telah dipersiapkan secara baik dan dinyatakan layak terbang.

Namun Danang menghargai keputusan pilot demi keselamatan dan keamanan penerbangan.

Kemudian, Danang memastikan Lion Air memberikan layanan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) menurut ketentuan.

BACA JUGA:  Melihat Alasan Jokowi Cabut Lampiran Perpres soal Investasi Miras

Tidak lupa ia juga menyampaikan permintaan maaf atas nama Lion Air.

Sekadar informasi, rencananya pesawat tersebut membawa 73 penumpang dewasa dan dua penumpang anak-anak serta tujuh awak kabin ke Surabaya dan akan tiba di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 15.10 WIB.

(Mel/Ana)