Mengenal Tarian Melinting dari Lampung Serta Sejarahnya

Mengenal Tarian Melinting dari Lampung Serta Sejarahnya

Oktober 18, 2019 0 By Fitri Febriani
SHARE BERITA INI:
154 đŸ“¶

NESIATIMES.COM – Tarian Melinting merupakan salah satu tarian klasik peninggalan Kerajaan Melinting yang berasal dari Labuhan Meringgai, Lampung Timur.

Sejarah Tarian Melinting diciptakan pada abad ke-16 oleh Ratu Melinting II yang bergelar Pangeran Panembahan Mas. Awalnya tarian ini hanya bisa dibawakan oleh putera-puteri Ratu Melinting dan hanya dikenal di lingkungan kerajaan saja, lalu tarian ini ditampilkan pada acara gawi adat di Kerajaan Melinting.

Fungsi awalnya hanya digunakan sebagai tarian yang bersifat sakral. Namun dengan seiring berkembangnya zaman, tarian ini juga digunakan untuk pertunjukan yang biasa ditampilkan diberbagai acara besar, seperti penyambutan, acara budaya dan lainnya.

Orang yang mengikuti tarian ini terdapat 8 penari terdiri dari 4 penari pria dan 4 penari wanita. Untuk kostum penari wanita biasanya menggunakan siger bercadar, bunga pandan subang, kalung buah jakum, gelang kano, gelang rui sesapurhanda, bulu seretei, tapis dan jungsarat.

Loading...

Untuk kostum penari pria mereka menggunakan kopiah emas, kembang melur bunga pandan, buah jukum, jungsarat, papan jajar, bulu seretei, sesapur handap, injang tuppal dan celana reluk relanga.

BACA JUGA:  "Kendalikan Sampah Plastik" SPPL AMPHIBI-SMK BKM 2 di Cibodas Puncak

Alat musik tradisional untuk tarian ini menggunakan kalo balo, gong gendang dan beberapa alat musik tambahan lainnya. Setiap babak dalam Tari Melinting biasanya diiringi dengan irama yang berbeda. Karena harus menyesuaikan dengan gerakan para penari.

Tarian Melinting mempunyai makna sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat atas apa yang mereka dapatkan.

(EFG/FITRI)

Loading...
Loading...