Mengenal Uniknya Tradisi Upacara Dahau di Suku Dayak

Mengenal Uniknya Tradisi Upacara Dahau di Suku Dayak

Oktober 3, 2019 0 By Fitri Febriani
SHARE BERITA INI:
245

NESIATIMES.COM – Berbicara tentang budaya Kalimantan memang mempunyai tradisi yang sangat unik di setiap sukunya. Salah satunya, Suku Dayak yang berada di wilayah pedalaman Kalimantan Timur.

Kehidupan Suku Dayak yang jauh dari akses informasi dan jarang terekspos, ternyata banyak budaya yang menarik untuk diketahui.

Adat istiadat yang dimiliki oleh Suku Dayak sangat kental, terlihat dari bagaimana cara mereka berpakaian, menjalani kehidupannya, serta upacara atau ritual yang dilakukan.

Upacara adat tradisional tidak dapat dipisahkan dari agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat setempat.

Masyarakat Dayak pada umumnya sangat mensakralkan semua bentuk upacara-upacara adat, karena sudah menjadi bagian dari kehidupan dan budaya mereka turun temurun.

Upacara Dahau merupakan upacara adat pemberian nama anak, biasanya kegiatan ini dilakukan oleh keluarga keturunan bangsawan atau keluarga mampu dan terpandang di wilayah tempat tinggal.

Dalam upacara ini banyak kegiatan yang dilakukan, misalnya ritual adat yang berlangsung selama 1 bulan penuh. Oleh sebab itulah acara ini dilakukan secara besar-besaran dan undangannya pun hanya masyarakat adat setempat Suku Dayak.

(EFG/FITRI)

Loading...