Mengubah Pola Makan Dapat Mencegah Gejala Depresi

Mengubah Pola Makan Dapat Mencegah Gejala Depresi

Oktober 11, 2019 0 By Fitri Febriani
SHARE BERITA INI:
177

NESIATIMES.COM – Mengatur pola makan yang baik bisa mencegah gejala depresi atau stres. Depresi mempengaruhi pola pikir, perasaan dan suasana hati (mood).

Makanan yang sehat tidak hanya membantu mencegah datangnya berbagai penyakit ke tubuh, tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan pikiran.

“Secara Intuitif, kita tahu bahwa kesehatan fisik juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental dan sebaliknya. Tapi mengenai dampak langsung makanan terhadap kesehatan mental baru beberapa tahun belakangan ini terbukti secara ilmiah” Ujar Dr. Felice Jacka, peneliti dari Barwon Pyschiatric Research Unit di Deakin University. Seperti yang dilansir ABC Australia (11/10/2019).

Banyaknya konsumsi makanan karbohidrat, lemak jenuh dan gula dapat meningkatkan gejala depresi. Tak hanya makanan saja, diet sehat yang benar-benar sempurna juga tidak baik untuk kesehatan.

Inilah beberapa makanan untuk mencegah depresi, yaitu:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat penting karena mengandung vitamin A, C, E dan K, serta asam folat yang dibutuhkan untuk sel otak supaya bekerja dengan baik dan membantu mencegah gejala depresi.

  1. Kacang Kenari

Kacang Kenari mengandung omega3 untuk meningkatkan fungsi otak dan mengelola gejala depresi.

Selain kaya akan omega3, kacang kenari juga mengandung selenium yang dapat menurunkan gejala mood depresif.

  1. Buah Blueberry

Blueberry diperkaya antioksidan antocyhanin yang telah dikaitkan dengan ketajaman kognitif. Tak hanya itu, buah ini kaya akan vitamin C yang dipercaya mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

  1. Tomat

Tomat juga mengandung lycopene dan antioksidan dapat dikaitkan untuk mengurangi gejala risiko kanker serta serangan jantung.

Loading...

Selain itu, kandungan dari lycopene ini bisa untuk mengurangi stres yang berlebih.

Meski perubahan pola makan yang sehat berdampak pada kesehatan fisik dan mental, namun tetap harus dibarengi dengan kegiatan positif. Seperti olahraga, berlibur, meditasi atau aromaterapi.

(EFG/FITRI)

Loading...