Muhammadiyah Sebut Ustad Abdul Somad Lakukan Penghinaan Simbol Agama

Muhammadiyah Sebut Ustad Abdul Somad Lakukan Penghinaan Simbol Agama

Agustus 18, 2019 0 By Redaksi
SHARE BERITA INI:
2.602

JAKARTA – Dalam sebuah ceramahnya, Ustad Abdul Somad mengeluarkan pernyataan yang dinilai menghina umat Kristen dan Katolik.

Video ceramah itu pun viral di media sosial dan menuai banyak kecaman dari berbagai pihak.

Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pengurus Pusat Muhammadiyah Abdul Rohim Ghazali menilai, ucapan Abdul Somad adalah penghinaan simbol agama yang tidak main-main.

“Saya tidak bisa membayangkan jika itu terjadi pada tokoh agama lain yang menghina simbol Islam, bisa menjadi gelombang tsunami demonstrasi yang berjilid-jilid, dan pelakunya bisa dituntut hukuman yang sangat berat,”  kata Rohim melalui keterangan tertulis pada hari ini, Minggu, 18 Agustus 2019, seperti dikutip di Tempo.co.

Rohim mengatakan, pernyataan Abdul Somad tidak perlu ditanggapi dan diimbau masyarakat dapat mendoakannya.

“Anggap saja yang bicara juga jin.” kata Rohim.

Rohim mengungkapkan bahwa Islam melarang pemeluknya menghina agama lain, apalagi mengolok-olok atau menjelek-jelekkan sesembahannya. Ia mengutip Al-Qur’an Surat Al-An’am: 108.

Ditempat terpisah, dikabarkan bahwa Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) telah melaporkan Ustad Abdul Somad ke Kepolisian Daerah NTT terkait video tentang salib dan patung yang dinilai telah menistakan agama Kristen.

“Apa yang dikatakan Ustadz Abdul Somad dalam videonya itu kami rasa sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen,” kata Jemmy Ndeo, anggota Brigade Meo.

Menurut Jemmy, apa yang dikatakan Ustadz Abdul Somad dalam videonya itu sangat mencederai hati umat Kristen karenanya Ustadz Abdul Somad mesti mempertanggungjawabkan apa yang dikatakannya itu,” kata Jemmy Ndeo.

“Kami sangat menyesalkan apa yang dikatakan Ustadz Abdul Somad dalam video itu, yang kami laporkan adalah Ustadz Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan Umat Muslim” tegas Jemmy Ndeo.