Profil Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalah Dinar-Dirham Depok yang Ditangkap Bareskrim Polri

Profil Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalah Dinar-Dirham Depok yang Ditangkap Bareskrim Polri

3 Februari 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Zaim Saidi ditangkap Bareskrim Polri karena terlibat dalam transaksi dinar dan dirham di Pasar Muamalah, Beji, Depok, Jawa Barat.

Melansir dari detikcom, Rabu (3/1/2021), Zaim berperan sebagai inisiator dan penyedia lapak pasar tersebut.

Mengutip dari tesis berjudul ‘Konsep Ekonomi Syariah Perspektif Zaim Saidi (2017)’, pria asal Temanggung itu lahir pada 21 November 1962.

Zaim Saidi menyelesaikan pendidikan tingginya di Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 1986.

Kemudian, Zaim memperoleh Public Interest Research Fellowship dari Multinational Monitor, Washington DC pada 1991.

Pada tahun 1996, Zaim juga pernah menerima Merdeka Fellowship dari Pemerintah Australia dalam rangka 50 tahun kemerdekaan RI.

Tak hanya itu, Zaim juga pernah aktif di Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI), dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Suami dari Dini Damayanti itu belajar tentang muamalat dan tasawuf lebih jauh kepada Syekh Umar Ibrahim Vadillo dan Syekh Dr Abdul Qadir as-Sufi pada 2005-2006.

BACA JUGA:  6 Pengawal Habib Rizieq Shihab yang Tewas Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Polisi

Zaim mendirikan Wakala Adina (2000) yang menjadi Wakala Induk Nusantara (2008) sebagai pusat distribusi dinar emas dan dirham perak.

Selanjutnya, Zaim juga mencanangkan Festival Hari Pasaran (FHS) Dinar Dirham Nusantara (2009) di mana dalam festival itu, dinar dan dirham berlaku sebagai alat tukar.

(Mel/Rah).