Seluruh Pimpinan KPK Terancam Dipolisikan Terkait Kasus Korupsi Anies Baswedan

Seluruh Pimpinan KPK Terancam Dipolisikan Terkait Kasus Korupsi Anies Baswedan

Oktober 9, 2019 0 By MAX ALVIAN
SHARE BERITA INI:
2.301

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jadi ujung tombak harapan rakyat Indonesia dalam memberantas kasus korupsi. Namun, dipenghujung pimpinan KPK periode 2014-2019, kinerjanya meruntuhkan kepercayaan publik lantaran banyaknya kasus pidana korupsi yang tak tersentuh alias dipetieskan oleh para penyidik KPK.

Seperti kasus penggelapan ratusan miliar rupiah uang rakyat digelontarkan mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan. Perkara tersebut dilaporkan praktisi hukum yang juga pegiat anti korupsi Andar M Situmorang, Direktur Eksekutif Goverment Against Corruption & Discrimination (GACD).

Pada Maret 2017 silam, Andar membuat laporan terkait Dugaan Tindak Pidana Korupsi oleh Anies selaku mantan Menteri Pendidikan RI (Masa Jabatan 2014 s/d Juni 2016) pada biaya Dana Frankpurt Book Fair Tahun 2015 (14-18 Oktober 2015) sebesar Rp146 Milyar dengan modus operandi kejahatan jabatan pada pameran kebudayaan Indonesia dan Buku Laskar Pelangi menyusupkan kegiatan pameran Buku AMBA dan PULANG membahas mengenai pembasmian PKI tahun 1965.

Namun, laporan itu menjadi kekecewaan GACD karena tidak ada respon dari KPK, bahkan Gubernur DKI Jakarta itu tidak disentuh oleh KPK. Dalam jumpa persnya Andar menegaskan bahwa komisioner KPK periode 2015-2019 telah masuk angin dan tidak berdaya terhadap dominasi penyidik Novel Baswedan.

Kabarnya, hari ini (7/10), GACD akan menyambangi KPK untuk menyampaikan ultimatum berupa somasi. Jika dalam waktu 10 hari KPK tidak juga memproses Anies maka GACD akan tempuh jalur hukum dan segera akan mempidanakan kelima pimpinan KPK atas tuduhan kejatahan jabatan.

“Saya akan pidanakan ketua KPK yang lama atas kejahatan jabatan melawan hukum pasal 421 KUHP penjara 4 tahun yakni dengan sengaja hentikan penyidikan perkara korupsi Anies Baswedan sebesar RP 146 Milyar saat menjabat mendikbud,” kata Andar, Minggu (6/10).

Artikel ini telah tayang di Beritacenter.com dengan judul “Seluruh Pimpinan KPK Terancam Dipolisikan Terkait Kasus Korupsi Anies Baswedan”