Terbukti Bersalah, Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara, Lebih Berat dari JPU

Terbukti Bersalah, Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara, Lebih Berat dari JPU

9 Februari 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pinangki Sinar Malasari terbukti bersalah karena melakukan tindak pidana suap, tindak pidana pencucian uang (TPPU), dan pemufakatan jahat.

Perbuatan tersebut berkaitan dengan sengkarut penanganan perkara terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

Melansir dari CNN Indonesia, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjatuhkan vonis 10 tahun penjara kepada Pinangki.

Selain itu juga denda sebesar Rp 600 juta subsidair 6 bulan kurungan.

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Pinangki Sirna Malasari oleh karena itu dengan pidana penjara selama 10 tahun dan dengan denda Rp 600 juta subsidair 6 bulan,” bunyi putusan Hakim Ketua IG Eko Purwanto, Senin (8/2/2021).

Vonis tersebut lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sebelumnya, JPU menuntut dengan pidana 4 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Pinangki terbukti menerima uang USD 500 ribu dari Djoko Tjandra agar pidananya atas kasus hak tagih Bank Bali tidak tereksekusi.

Kemudian juga melakukan pencucian uang dengan membeli 1 unit mobil BMW serta pembayaran apartemen dan dokter kecantikan di Amerika Serikat menggunakan uang tersebut.

BACA JUGA:  Aksi Heroik Bripka Sudarsih, Jegal Langkah Bandar Narkoba Meski Sudah Bersimbah Darah

Selain itu juga pemufakatan jahat bersama Djoko Tjandra dan Andi Irfan Jaya menjanjikan uang USD 10 juta kepada pejabat Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung.

(Leo/Rah).