Tinutuan Makanan Bubur Khas Manado yang Sehat dan Bergizi

Tinutuan Makanan Bubur Khas Manado yang Sehat dan Bergizi

Oktober 11, 2019 Off By Fitri Febriani

NESIATIMES.COM – Tinutuan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Hidangan ini disantap dengan campuran sayur-sayuran.

Awal mula sejarah Tinutuan, karena pada tempo dulu kondisi perekonomian Manado sangat buruk pada tahun 1970.

Saat itu hanya memiliki sedikit beras yang dicampurkan sayur-sayuran, lalu terciptalah bubur Manado makanan sederhana, namun tetap sehat dan bergizi. Tinutuan disajikan pada pagi hari atau saat hari raya sebagai pengucapan rasa syukur.

Kata Elizabeth Annabela Legoh warga dari Manado, mengatakan “Bubur Manado biasanya dimakan saat acara keluarga, tapi sekarang kalau ada acara kumpul-kumpul saja. Dan maknanya, makan lebih sehat dengan sayur-sayuran” pada Kamis (10/10/19).

Bahan-bahan Tinutuan yang digunakan yaitu beras, campuran berbagai macam sayuran, seperti kangkung, bayam, daun kemangi, ubi merah, jagung pipil, dan daun gedi.

Tinutuan biasanya disajikan dengan perkedel jagung, ikan cakalang fufu atau tuna asap bersama sambal rica atau dabu-dabu.

Jamuan Tinutuan ini juga bisa disantap dengan dicampur mie atau sup merah yang disebut brenebon.

BACA JUGA:  Masyarakat DiSerbu, Skema Pembagian Helm Gratis Dirubah

Brenebon kadang ditambahkan dengan tetelan sapi. Konon katanya, orang yang memakannya dapat dipercaya menarik “roda” atau rezekinya semakin lancar.

(EFG/FITRI)

309 COPYRIGHT@2020 - NESIATIMES.COM | MENRA GROUP