Tradisi “Nyubuk Majeu” yang Unik di Lampung

Tradisi “Nyubuk Majeu” yang Unik di Lampung

September 21, 2019 0 By Fitri Febriani
SHARE BERITA INI:
319 📍

NESIATIMES.COM – Setiap daerah tentu memiliki ciri khas tersendiri dalam melaksanakan Upacara Perkawinan, termasuk di Provinsi Lampung. Sebagian masyarakat Lampung Pepadun, mereka masih sangat menjunjung tinggi setiap tradisi adat yang ada.

Salah satu tradisi unik pada masyarakat Lampung Pepadun adalah Tradisi “Nyubuk Majeu” Nyubuk berarti mengintip dan Majeu itu sendiri berarti pengantin wanita.

Nah, jika disimpulkan, Nyubuk Majeu ialah salah satu proses dari keluarga yang ingin melihat secara langsung kondisi sang gadis setelah sebambangan oleh mempelai pria atau sebelum dilakukan upacara adat.

Loading...

Secara umum, Nyubuk ini dibagi menjadi tiga macam dan memiliki pelaksanaan yang berbeda beda. Selengkapnya sebagai berikut:

Nyubuk Muli atau Mengunjungi Gadis

Seperti tradisi adat lainnya, nyubuk muli memiliki peraturan yang harus ditaati agar tidak terjadi sesuatu sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Sebelum acara nyubuk dilaksanakan, para pemuda harus memberitahu ketua bujang, bahwa mereka akan mengunjungi gadis tersebut.

Setelah itu, pemuda memberikan isyarat dari luar rumah misalnya memetikkan dua jari dekat jendela kamar si gadis.

Loading...

Kemudian, dibicarakan acara pernikahan seperti apa yang akan dilakukan sesuai dengan kemampuan dari masing-masing mempelai.

Nyubuk Mengian atau Mengunjungi Calon Besan

Suatu kegiatan keluarga calon pengantin pria untuk mengunjungi kediaman calon mempelai wanita.

Sebelum acara dilakukan, keluarga dari pihak pria terlebih dahulu menjelaskan maksud kedatangannya salah satunya menyampaikan rincian bahan pangan dan biaya yang akan dikeluarkan saat kegiatan tersebut.

Selanjutnya, keluarga mempelai wanita akan menentukan hari dan tempat acara akan dilakukan.

Jadi, tujuan Nyubuk Mengian adalah untuk merundingkan dan menetapkan secara matang segala sesuatu yang berkenan dengan rencana pernikahan kedua calon mempelai sesuai kemampuan masing-masing.

Nyubuk Maju atau Melihat Pengantin

Suatu kegiatan yang dilakukan pada malam hari dimana kerabat dekat calon mempelai pria mendatangi calon mempelai wanita untuk lebih kenal dengan calon tersebut.

Acara dilaksanakan sebelum calon mempelai wanita dibawa ke rumahnya.

Calon mempelai wanita bersama dengan saudaranya akan duduk di kursi dengan baju dan dandanan lengkap sesuai dengan kemampuan dari calon mempelai pria.

Nah, itulah budaya nyubuk Majeu dari Lampung. Semoga budaya nyubuk ini tetap dilestarikan oleh masyarakat Lampung.

 

 

(EFG/FITRI)

 

 

Loading...