VIral, 2 Siswi Asal Dayak Raih Penghargaan Internasional Usai Temukan Obat Kanker Payudara

VIral, 2 Siswi Asal Dayak Raih Penghargaan Internasional Usai Temukan Obat Kanker Payudara

Agustus 12, 2019 0 By Petrus C. Vianney
SHARE BERITA INI:
1.565

NESIATIMES.COM, – Baru – baru ini media sosial digemparkan oleh prestasi dari 2 siswi SMAN Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Keduanya meneliti herba tradisional Suku Dayak untuk obati Kanker Payudara.

Aysa Aurelya Maharani dan Anggina Rafitri, berhasil meraih Gold Medals pada ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan pada 25- 27 Juli lalu. Keduanya meraih medali emas, berkat mengenalkan akar bajakah tunggal sebagai obat tradisional yang mampu sembuhkan kanker payudara.

Temuan Aysa dan Anggina bermula dari tugas ekstrakurikuler di sekolah mereka. Mereka diminta untuk menerapkan ilmu yang di dapat dari alam. Aysa teringat pada kisah nenek temannya yang sembuh dari kanker payudara setelah mengonsumsi akar bajakah.

“Waktu itu kami mencari ide, bahan apa yang bisa diteliti untuk ekstrakurikuler,” ucap Aysa seperi yang dikuti dari Kalteng Post

Bajakah adalah tumbuhan khas Kalteng. Warga suku Dayak yang tinggal di pedalaman, sering memanfaatkan tumbuhan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah tumbuhan bajakah. Tumbuhan tersebut diyakini dapat menyembuhkan tumor ganas, mengurangi radikal bebas dalam tubuh, menangkal radikal bebas, serta meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh.

“Orang – orang pedalaman ini meyakinkan bahwa akar bajakah bisa menyembuhkan kanker payudara. Banyak yang telah membuktikan,” papar siswi SMAN 2 Palangkaraya

Keberhasilan itulah yang akhirnya membuat mereka yakin untuk mengikuti lomba Youth Nasional Science Fair 2019 (YNSF) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Dimana pemenangnya akan dikirim ke Korea Selatan (Korsel ) untuk mewakili Indonesia.

(EFG/ PC)