Warga Antusias Menyambut PLN

Warga Antusias Menyambut PLN

September 16, 2020 0 By Redaksi

NESIATIMES.COM-Penantian panjang akan hadirnya PLN (Pembangkit Listrik Negara) di Mukun, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur akhirnya terjawab sudah. Sejak tanggal 15 Agustus 2020, PLN resmi beroperasi di Desa Mokel, Desa Golo Meni, dan Desa Rana Mbeling. Meskipun tidak semua warga dialiri oleh penerangan PLN, tetapi semangat dan antusias warga luar biasa.

Salah seorang tokoh masyarakat sekaligus guru di SMA Santo Arnoldus Mukun, Aldo Sambi dalam pesan singkatnya melalui WhatsApp kepada NesiaTimes.com mengaku bangga karena memberikan dampak positif utamanya bagi sektor pendidikan dan perekonomian warga setempat.

“Sebagai guru, kehadiran PLN memberikan dampak positif yang begitu besar bagi dunia pendidikan. Salah satu contohnya penggunaan proyektor. Membuat Kegiatan pembelajaran menjadi sangat efektif. Kalau dulu daya mesin generator terbatas untuk satu atau dua proyektor, sekarang seluruh kelas bisa menggunakan alat tersebut secara bersamaan. Manfaat lainya ialah penggunaan bel sekolah dari yang manual menggunakan besi bekas velg mobil, menjadi bel yang dirancang otomatis,” ungkapnya.

Selain itu, kehadiran PLN juga sangat membantu para siswa dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

“Kehadiran PLN di tengah pendemi covid19 sangat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan PJJ. Dampak yang dirasakan siswa ialah secara cepat dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Apalagi tugas itu dikerjakan menggunakan komputer. Sekarang tidak harus menunggu malam untuk menyelesaikan tugas,” tegas guru Bahasa Indonesia ini.

Tidak hanya sektor pendidikan, guru yang juga berkecimpung dalam dunia bisnis ini mencoba melihat dampak kehadiran PLN bagi sektor perekonomian. Kehadiran PLN dimanfaatkan secara maksimal oleh warga dalam mengembangkan dunia usaha (bisnisnya)

“Dampak PLN untuk sektor lain ialah naiknya perekonomian masyarakat. Contohnya, dibukanya tempat cukur rambut, salon kecantikan, dan bisnis lainnya,” terangnya.

265 076 COPYRIGHT@2020 - NESIATIMES.COM | MENRA GROUP