Waspada! Ini Dia 3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

Waspada! Ini Dia 3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

Juli 30, 2019 0 By Meliana Leonardi
SHARE BERITA INI:
303 šŸ“

NESIATIMES.COM – Hari ini Indonesia sedang berduka atas meninggalnya Ichsan Yasin Limpo. Mantan Bupati Gowa ini diketahui meninggal setelah berjuang melawan kanker paru stadium 4 yang dideritanya.

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh perubahan sifat genetik di dalam sel tubuh. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya perubahan ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan instan,Ā makananĀ berlemak, dan minuman beralkohol.

Menurut penelitian , makanan dan minuman tertentu dapat memicu berkembangnya kanker di dalam tubuh, terutama apabila dikonsumsi terlalu sering. Ini dia 3 makanan dan minuman yang dapat memicu berkembangnya kanker di dalam tubuh.

 

Daging Merah

 

Daging Merah

Setelah meninjau lebih dari 800 penelitian pada hewan dan manusia, pada tahun 2015 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa daging olahan sepertiĀ hot dog,Ā ham,Ā bacon, sosis,Ā prosciutto, dan salami bersifat karsinogenik. Daging olahan dan daging merah jelas terkait dengan kanker. Sementara alasan pastinya tidak dipahami, itu diyakini karena natrium digunakan untuk mengawetkan kombinasi dengan amina dalam daging untuk membentuk senyawa karsinogenik.

 

Makanan dan Minuman Instan

Makanan dan Minuman Instan

Loading...

Menurut penelitian sebagian kemasan makanan mengandung akrilamida yang dapat berpotensi memicu kanker. Selain ditemukan pada kemasan makanan atau minuman instan akrilamida juga dapat terbentuk saat makanan yang kaya akan karbohidrat seperti kentang, diolah dengan suhu yang tinggi.

Bahan-bahan yang ditambahkan ke dalam makanan atau minuman instan juga diduga dapat memicu berkembangnya kanker. Beberapa bahan tersebut yaitu :

  • Pemanis buatan
    Pada penelitian terhadap hewan, kombinasi pemanis buatan sakarin dan siklamat diketahui dapat menyebabkan kanker kandung kemih. Namun, hasil studi lebih lanjut belum memberikan bukti yang jelas apakah ada hubungan antara pemanis buatan dan kanker pada manusia.
  • Bahan pengawet
    Sodium benzoat adalah bahan pengawet yang umumnya ditambahkan pada makanan asam dan minuman bersoda. Sodium benzoat dalam minuman ringan dapat bereaksi menjadiĀ benzeneĀ jika dipadukan dengan vitamin C. Bahan inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai salah satu pemicu kanker.
  • Sodium nitrit
    Ini adalah zat adiktif atau zat tambahan yang biasanya terdapat pada daging yang diawetkan, seperti daging kalengan atau sosis. Mengonsumsi makanan yang mengandung sodium nitrit berkadar tinggi diduga dapat memicu kanker lambung.

Untuk keamanan, bacalah label pada kemasan makanan atau minuman yang hendak kalian konsumsi. Hindarlah jika mengandung bahan-bahan tersebut.

 

Alkohol

Alkohol

Minum minuman keras meningkatkan risiko kanker tenggorokan, hati, usus besar, dan dubur sesuai penelitian National Institutes of Health (NIH). Apalagi jika Anda merokok.

Meskipun belum diketahui pasti penyebab sel kanker berkembang di dalam tubuh, akan tetapi kita dapat mencegah dan mengurangi risiko terkena kanker dengan cara menjalani pola hidup yang sehat, tidak merokok, menjauhi makanan dan minuman pemicu kanker serta rutin memakan makanan sehat seperti makanan yang berserat dan kaya akan antioksidan.

Pemeriksaan kesehatan ke dokter secara berkala juga merupakan hal yang sangat penting lho! Ini juga merupakan salah satu langkah pencegahan kanker yang dapat kita lakukan.

 

PENULIS : MELIANA LEONARDI

EDITOR : EFG

Loading...
loading...