3 Alasan Kenapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

3 Alasan Kenapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

24 Oktober 2019 Off By Alexander Fernando

NESIATIMES.COM – Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu yang harus dilakukan sejak dini, dimana para orang tua harus menerapkan kebiasaan sikat gigi pada anaknya.

Peran orang tua disini sangatlah berpengaruh terhadap pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut anak. Kebiasaan anak-anak di Indonesia untuk sikat gigi sebelum tidur masih jarang dilakukan.

Padahal, ada banyak dampak buruk yang dapat terjadi jika meninggalkan kebiasaan ini. Oleh karena itu berikut NESIATIMES.COM sudah meringkas 3 alasan kenapa anak harus menggosok gigi pada malam hari, yaitu:

1. Bakteri lebih cepat berkembang biak

Keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari, dapat menyebabkan pH di dalam mulut bersifat asam. Sehingga, mengakibatkan aktivitas kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan dengan siang hari.

Air liur berfungsi sebagai Self-cleansing yang mencegah bakteri untuk mengubah makanan menjadi asam yang dapat melarutkan email gigi sehingga mudah berlubang.

2. Makan saat malam hari sebelum tidur

Kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan, meskipun sudah menjadi hal yang umum. Banyak pendapat mengatakan bahwa berkumur saja tidak cukup untuk membersihkan gigi.

Oleh karena itu coba untuk mengurangi kebiasaan makan pada malam hari terutama makanan manis dan mulailah rutin menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur.

3. Dapat memicu timbulnya bau mulut

Jika anak tidak menggosok gigi pada malam hari maka plak dapat menempel pada gigi, yang lama-kelamaan menjadi kerasa dan membentuk karang gigi.

Hal inilah yang biasanya menyebabkan masalah bau tidak sedap pada mulut.

Tentunya ini berlaku pada semua usia dimana harus menjaga kesehatan gigi, jadi marilah ajak anak Anda bersama untuk menjaga gigi dan jangan lupa menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur.

(EFG/ALEX)