3 Pencegahan Dini dari Pencemaran Udara

3 Pencegahan Dini dari Pencemaran Udara

24 September 2019 Off By Alexander Fernando

NESIATIME.COM – Pencemaran udara memiliki potensi berbahaya bagi kesehatan dan masa depan manusia, hewan, tumbuhan serta mengganggu estetika dan kenyamanan kehidupan. Jika Kualitas udara kita rusak, dapat menyebabkan tubuh kita mudah terserang berbagai penyakit seperti pnemumonia, asma, penyakit paru-paru lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan pencemaran udara bersumber dari kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pabrik, kendaraan, limbah indsutri atau rumah tangga.

Apabila tidak melakukan pencegahan awal maka dapat dipastikan manusia akan punah tidak lama lagi. Oleh karena itu berikut pencegahan dini pencemaran udara, yaitu:

  1. Melakukan penghijauan

Selain dapat meningkatkan estetika, tumbuhan juga dapat mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara disekitarnya. Ada juga tumbuhan yang memang ditujukan untuk mengurangi polutan (pencemaran) seperti tanaman sirih gading, herbras, pakis, bambu dan lain-lain.

  1. Menggunakan moda angkutan umum

Dengan menggunakan fasilitas angkutan umum maka kita sudah termasuk mengurangi pencemaran udara dikarenakan polutan terbesar berasal dari kendaraan pribadi yang banyak dipakai perindividu.

  1. Hemat Energi Listrik

Siapa yang sangka bahwa menghemat listrik juga termasuk pencegahan polutan. Karena sejumlah bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan listrik dan dari situ memunculkan asap yang mencemari udara. Maka dengan menghemat pemakaian listrik kita sudah turut mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menyelamatkan udara.

Itulah beberapa tindakan pencegahan dini untuk menyelamatkan bumi kita dari polusi udara. Tentunya polusi udara bukanlah satu-satunya pencemaran didunia ini ada juga pencemaran suara dan pencemaran air. Jadi jagalah bumi kita dari polusi karna itu adalah tanggung jawab kita bersama.

 

(EFG/ALEX)