3 Pengaruh Lingkungan ini Perlu Diperhatikan untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

3 Pengaruh Lingkungan ini Perlu Diperhatikan untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

21 Oktober 2019 Off By Alexander Fernando

NESIATIMES.COM – Lingkungan tempat tinggal merupakan lingkungan dimana anak Anda tumbuh dan berkembang. Tetapi juga harus Anda perhatikan bahwa lingkungan yang salah dapat memperburuk tumbuh kembang anak.

Disinilah peran orang tua sangatlah penting dalam menjaga buah hati, berbagai aspek lingkungan yang harus diperhatikan oleh orang tua sangatlah beragam dimulai dari lingkungan sekolah, pergaulan ataupun lingkungan tempat tinggal Anda.

Nah, Seperti biasa NESIATIMES.COM sudah meringkup beberapa lingkungan sekitar anak yang perlu diperhatikan.

Berikut 3 pengaruh lingkungan terhadap anak, yaitu:

1. Pengaruh Lingkungan Sekolah

Pendidikan atau sekolah merupakan tempat anak mencari ilmu, koneksi, komunikasi ataupun teman seumuran dalam menjalani hidupnya. Hampir sepertiga waktu anak dihabiskan di sekolah, sehingga diharapkan sekolah yang ditempati anak Anda dapat memberikan pengaruh baik terhadap dirinya.

Pengaruh yang lain seperti guru juga dapat memberikan efek terhadap pertumbuhan anak, dimana jika guru dari anak Anda sangat bagus maka dapat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya.

2. Lingkungan Pergaulan

Pergaulan anak sangatlah berpengaruh besar terhadap hidupnya dikarenakan apa yang ia jalani dapat ia percayai sambil menjalani hidupnya, jika anak Anda bergaul dengan teman yang benar maka pergaulannya akan normal dan aman.

Tetapi jika pergaulan yang ia ikuti tidaklah benar seperti narkoba, seks bebas dan lainnya maka secepatnya yakini dan bimbinglah anak Anda pada pergaulan yang aman.

3. Lingkungan sosial sekitar

Lingkungan tempa tinggal Anda juga mempengaruhi tumbuh kembang Anak, jika sering bersosialisasi dengan tetangga ataupun orang disekitar maka perkembangan serta daya pikir anak dapat semakin luas.

Berbeda jika anak hanya berdiam diri dirumah dan tidak pernah bersosialisasi diluar maka komunikasi anak tersebut akan terganggu, dengan kata lain yaitu introvert.

Dari isi artikel diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan sangatlah mempengaruhi tumbuh kembang anak untuk optimal. Tentunya masih banyak lagi lingkungan lain yang memiliki pengaruh ke pertumbuhan anak Anda.

Selamat mencoba.

(EFG/ALEX)