4 Tips Menjaga Keseimbangan Gizi Anak

4 Tips Menjaga Keseimbangan Gizi Anak

16 Oktober 2019 Off By Alexander Fernando

NESIATIMES.COM – Tumbuh kembang anak adalah prioritas utama dan kepentingan bagi kedua orang tua agar anak sehat secara fisik, mental, dan sosial.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut orang tua wajib memberikan asupan gizi yang seimbang sejak kecil, bahkan sejak dalam kandungan juga.

Asupan yang dimakan oleh anak tentunya bervariasi, karena banyak aspek yang harus diperhatikan.

Seperti kebersihan makanan, pola makan anak hingga prinsip dalam menjaga gizi seimbang.

Nah, Berikut 4 tips dalam menjaga keseimbangan gizi anak, yaitu:

1. Mengkonsumsi makanan beragam
Makanan beragam artinya selain makanan yang dimakan bervariasi tetapi juga memperhatikan proporsi makanan yang seimbang, jumlahnya cukup, dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi.

2. Melakukan aktivitas fisik
Dengan berjalannya tumbuh kembang anak tentunya diperlukan penjagaan kesehatan fisik. Nah, bermain merupakan aktivitas kesukaan anak yang dapat memudahkan anak melakukan aktivitas fisik. Seperti olahraga basket ataupun aktif bermain dengan temannya.

3. Membiasakan perilaku hidup bersih
Dalam menjaga pola makan juga harus diiringi dengan menjaga kebersihan. Menerapkan perilaku hidup sehat dapat menghindari anak dari sumber infeksi.
Contoh dari perilaku hidup sehat adalah rajin mencuci tangan, menutup makanan yang akan disajikan, memakai alas kaki, menutup mulut dan hidung bila bersin.

4. Mempertahankan dan memantau berat badan normal
Berat badan anak tentunya termasuk sebagai salah satu hal yang harus dikontrol oleh orang tua, karena penyakit obesitas merupakan hal yang mudah terjadi jika anak mengonsumsi makanan dengan berlebihan serta tidak diiringi aktivitas olahraga.

Itulah beberapa tips dalam menjaga keseimbangan gizi buah hati agar dapat tumbuh optimal, sehat secara fisik, mental ataupun sosial.

Selamat mencoba.

 

(EFG/ALEX)