5 Langkah Sederhana Untuk Meningkatkan Keberhasilan Belajar

5 Langkah Sederhana Untuk Meningkatkan Keberhasilan Belajar

15 Oktober 2019 Off By Meliana Leonardi

NESIATIMES.COM – Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun sangat disayangkan, terkadang kita malas untuk melakukannya karena kecewa dengan beberapa kegagalan yang didapatkan.

Orang yang rajin belajar berarti serius dan mempunyai komitmen dalam proses belajarnya, tetapi bukan berarti mereka tidak tahu bagaimana caranya bersenang-senang.

Belajar tidak harus selalu penuh dengan ketegangan, jika kita belajar dengan suasana tegang tentu saja akan menghasilkan hasil yang kurang maksimal.

Sebaliknya, kita harus membuat proses belajar menjadi asik dan menyenangkan sehingga belajar bukan lagi sebuah beban.

Nah, berikut NESIATIMES.COM sudah merangkum beberapa cara mudah yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses belajar kamu. Yuk simak!

1. Buatlah agenda belajar

Hal pertama yang dapat dilakukan jika kamu ingin meningkatkan keberhasilan dalam belajar adalah dengan membuat perencanaan yang jelas.

Jika kamu belajar tanpa tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, maka kamu akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting, fokusmu menjadi teralihkan dan kamu bisa kewalahan.

Cara mudah membuat agenda belajar:

a. Buatlah daftar pelajaran apa saja yang hendak kamu pelajari.
b. Batasilah setiap pelajaran dengan jumlah waktu tertentu.
c. Buatlah agenda harian, mingguan dan bulanan.

Agenda belajar yang sudah dibuat akan membuatmu terbantu untuk fokus dan tahu mana yang harus dijadikan prioritas, sehingga membuat waktu belajar kamu menjadi produktif dan efisien.

2. Pahami gaya belajarmu

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Berikut ini beberapa gaya belajar yang mungkin merupakan gaya belajarmu:

Visual
Pembelajar visual bisa belajar dengan baik dengan menggunakan foto, gambar dan pemahaman tata ruang. Jika kamu bertipe visual, maka diagram dan grafik bisa sangat membantu.

Tandailah setiap tema dengan menggunakan warna yang berbeda. Kamu juga dapat menggunakan flow chart ketika mencatat suatu hal untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari konsep tertentu.

Auditori
Pembelajar auditori bisa belajar dengan baik melalui bunyi. Gunakanlah rekaman pembelajaran dan memutarnya kembali, berbicara dengan ahlinya atau berdiskusi dengan kelompok. Kamu juga akan lebih nyaman dengan mendengarkan musik disaat belajar.

Kinestetik
Pembelajar kinestetik akan belajar dengan baik melalui penggunaan badan, lengan dan keterampilan. Kamu dapat melatih diri dengan mencari kata-kata untuk memperkuat pembelajaran, menggunakan komputer untuk mengetes kemampuan dan mengingat suatu hal ketika sedang berjalan.

Untuk kamu yang belum mengetahui tentang gaya belajar yang baik, kamu bisa mencoba semuanya.

Gunakanlah gaya belajar yang menurutmu paling nyaman, agar proses belajarmu semakin menyenangkan.

 

3. Durasi istirahat yang cukup

Istirahat juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan kenyamanan dalam belajar.

Tidak ada orang yang mampu belajar terus-menerus di depan komputer, meja atau buku teks tanpa berhenti. Dengan beristirahat yang cukup kamu bisa mendapatkan energi untuk dapat belajar kembali.

Pastikan kamu beristirahat selama 10 sampai 20 menit dalam setiap waktu pembelajaran. Kamu bisa mencoba bermeditasi, menggerakkan badan atau makan camilan selama waktu istirahat.

 

4. Belajarlah dengan suasana hati yang baik

Sebenarnya tidak ada namanya suasana terbaik, mengenai hal itu hanya kamu yang bisa menentukannya sendiri.

Sebagian orang memilih belajar di suasana santai kedai kopi, beberapa lagi memilih suasana yang benar-benar sunyi seperti kamar tidurnya, ada juga yang nyaman belajar di taman atau suasana outdoor, dan mungkin juga merasa lebih mudah jika berada di perpustakaan.

Nah, mulai sekarang cobalah menemukan suasana yang menurut kamu paling baik. Dengan begitu keberhasilan belajarmu perlahan namun pasti bisa meningkat dengan sendirinya.

 

5. Senangi apa yang kamu pelajari

Terkadang kita tidak menyukai apa yang sedang kita pelajari sekarang.

Ubahlah sudut pandangmu mengenai hal itu, lalu lihatlah dari sisi yang berbeda tentang apa yang kamu pelajari, barangkali itu akan bermanfaat di masa mendatang.

Memahami manfaat dan bagaimana kondisi kita sekarang, kita akan merasa termotivasi untuk belajar dan menyadari bahwa yang kita lakukan bukanlah hal yang sia-sia.

Itulah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan keberhasilan belajar yang bisa kamu aplikasikan.

Semoga Bermanfaat!

(EFG/MEL)