Adelin Lis, Buronan Kelas Kakap yang Tertangkap di Singapura, Begini Sosoknya

Adelin Lis, Buronan Kelas Kakap yang Tertangkap di Singapura, Begini Sosoknya

18 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Sosok Adelin Lis (53) kembali menjadi sorotan usai tertangkap otoritas keamanan Singapura atas kasus pemalsuan paspor.

Adelin Lis kedapatan memalsukan paspor atas nama Hendro Leonardi sehingga terkena denda USD 14 ribu pada Rabu (9/6/2021) lalu.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan pihaknya telah mengupayakan deportasi.

Ia menyebut Jaksa Agung ST Burhanuddin telah meminta Kedubes RI di Singapura untuk segera memulangkan Adelin Lis.

Melansir pada Kamis (17/6/2021), Adelin Lis merupakan sosok buronan kelas kakap Kejagung atas kasus korupsi dan pembalakan liar.

Adelin Lis merupakan anak dari Acak Lis, pemilik PT Mujur Timber, perusahaan pengolah kayu gelondongan menjadi tripleks serta kayu lapis (plywood) di Sibolga.

Ia terlahir dalam keluarga pengusaha yang mengembangkan bisnis dengan mendapatkan sejumlah Hak Pengusahaan Hutan (HPH) di Sumatera Utara.

Adelin Lis merupakan Direktur PT KNDI dan Direktur Utama di sebuah perusahaan perkebunan bernama PT Rimba Mujur Mahkota.

PT KNDI sendiri memiliki HPH seluas 58.590 hektar sejak 1998 dengan masa berlaku hingga 55 tahun.

Keluarga Lis menjadi raja perkayuan Sumatera serta penggerak utama ekonomi Kota Sibolga lantaran penguasaan sektor hulu dan hilir.

Adelin yang terjerat kasus pembalakan liar sempat kabur dan berhasil ditangkap pada September 2006 silam.

Akan tetapi, nama cukong perkayuan legal maupun ilegal itu benar-benar mencuat saat Pengadilan Negeri Medan membebaskannya.

Keputusan yang disertai kejanggalan itu akhirnya membuat para atasan turut memeriksa hakim serta jaksa dalam kasus pembalakan liar tersebut.

Kasus yang menjerat pria yang beralamat di Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan itu sempat menjadi polemik luas di media massa.

(Mel/Rah)