Jokowi Pakai Baju Baduy saat Sidang Tahunan MPR 2021, Ternyata Ini Alasannya

Jokowi Pakai Baju Baduy saat Sidang Tahunan MPR 2021, Ternyata Ini Alasannya

16 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Presiden Joko Widodo tampak mengenakan pakaian adat Suku Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021.

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD yang itu digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Presiden Jokowi terlihat tiba di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta pada Senin (16/8/2021) pukul 08.05 WIB.

Kantor Staf Presiden (KSP) mengungkapkan alasan Jokowi memakai baju adat tersebut melalui akun media sosial Twitter, @KSPgoid.

KSP menjelaskan bahwa Jokowi ternyata mengenakan baju adat Suku Baduy yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kemudian, KSP membeberkan Jokowi memilih pakaian adat tersebut sebagai bentuk penghormatan pada nilai adat dan budaya Suku Baduy.

“Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Baduy,” cuitnya, Senin.

Dalam unggahannya, KSP juga menjelaskan bagian-bagian pakaian adat Suku Baduy.

Pertama, telekung, yakni ikat kepala yang kadang juga disebut koncer atau roma dan merupakan hasil tenun masyarakat Baduy.

Kemudian, kutung, baju putih lengan panjang tanpa kerah yang juga biasa disebut jamang sangsang, namun yang dipakai Jokowi berwarna hitam.

Selanjutnya, beubeur yakni ikat pinggang berupa selendang kecil, serta samping aros, sarung warna nila bergaris putih yang dipakai sebatas lutut.

(Mel/Nov).