Habib Rizieq Batal Bebas, Anggota DPR Ini Bereaksi Keras!

Habib Rizieq Batal Bebas, Anggota DPR Ini Bereaksi Keras!

1 September 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil turut buka suara terkait putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam kasus Habib Rizieq Shihab.

Pihak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak gugatan banding Habib Rizieq sehingga tidak jadi bebas dari hukumannya.

Hal itu, membuat Habib Rizieq tetap mendapatkan vonis empat tahun penjara atas kasus kerumunan yang menjeratnya.

Nasir menyebut Indonesia sebagai negara hukum dan bukan kekuasaan sehingga majelis hakim harus mengadili Habib Rizieq.

Terkait hal itu, Nasir menilai semua warga mempunyai kedudukan yang sama di mata hukum sehingga Habib Rizieq layak bebas.

“Bangsa ini akan runtuh manakala hakim bertindak tidak adil, karena tidak ada lagi yang layak menjadi pelindung,” ungkapnya, seperti dikutip dari pks.id pada Selaaa (31/8/2021).

Dia lantas menuturkan seharusnya majelis hakim wajib menggali serta mengikuti dan memahami nilai hukum dan rasa keadilan di masyarakat.

Kemudian, Nasir juga menilai ada kesan kuat bahwa majelis hakim mendapat intervensi dari pihak-pihak berpengaruh dalam persidangan Habib Rizieq.

Nasir pun menekankan bahwa hukum dasarnya bukan pertimbangan atau tekanan dari yang punya kekuasaan.

Sebelumnya, Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Binsar Pamopo Pakpahan menuturkan hasil putusan pada Senin (30/8/2021).

“Perkara nomor 210 juga dikuatkan dimana atas nama terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq Shihab dalam perkara di Pengadilan Tinggi Nomor 210 Pidana Khusus tahun 2021 PT DKI, di pengadilan negeri dijatuhi pidana penjara selama 4 tahun”, bebernya.

Pengadilan Tinggi DKI juga menguatkan vonis menantu Habib Rizieq, Hanif Alatas dan Direktur Utama RS Ummi Bogor Andi Tatat.

Keduanya menerima vonis hukumam penjara masing-masing selama satu tahun.

Meskipun JPU dan tim kuasa hukum Habib Rizieq tidak hadir dalam sidang tersebut, Binsar memastikan pihaknya akan segera mengirimkan hasil putusan tersebut.

(Mel/Rah).