Angka COVID Naik, Menag Keluarkan Edaran Pembatasan Kegiatan di Rumah Ibadah, Begini Isinya

Angka COVID Naik, Menag Keluarkan Edaran Pembatasan Kegiatan di Rumah Ibadah, Begini Isinya

17 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM –  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran baru imbas dari angka Covid-19 yang kembali naik.

Tak hanya itu, sejumlah varian baru Covid-19 bahkan juga ikut mengiringi lonjakan kasus yang terjadi kekinian.

Yaqut tidak mau tinggal diam lantas menerbitkan surat edaran yang menginstruksikan tentang pembatasan kegiatan keagamaan di rumah ibadah.

Aturan tersebut tertuang dalam SE Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan keagamaan di Rumah Ibadah.

Melansir dari Antara pada Kamis (17/6/2021), Yaqut menyatakan bahwa kegiatan keagamaan di wilayah zona merah dan oranye harus berhenti sementara.

“Kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, seperti pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan, dan sejenisnya di ruang serbaguna di lingkungan rumah ibadah juga dihentikan sementara di daerah zona merah dan oranye sampai kondisi memungkinkan,” jelasnya.

Kemudian, Yaqut menjelaskan terkait penetapan zona wilayah itu tergantung pada ketentuan pemerintah daerah masing-masing.

Lebih lanjut, Yaqut menilai SE tersebut berguna panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di rumah ibadah.

Selain itu, dalam SE tersebut Yaqut juga berharap agar masyarakat bisa tetap beribadah sekaligus terjaga keselamatan jiwanya.

Sementara terkait pelaksanaan teknisnya, Kementerian Agama telah mengatur dalam SE Menag No 1 Tahun 2020.

SE tersebut mengatur tentang pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada rumah ibadah.

Yaqut meminta Kepala Kanwil Kemenag provinsi dan kabupaten/kota, Kepala KUA kecamatan, Penyuluh Agama, Pimpinan ormas Keagamaan, dan pengurus rumah ibadah melakukan pemantauan.

Selain itu, Yaqut juga meminta kepada mereka untuk berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah serta Satgas Covid-19 setempat.

(Mel/Nov).