Bansos PPKM Darurat Juli 2021 Cair, Segera Cek Rekening

Bansos PPKM Darurat Juli 2021 Cair, Segera Cek Rekening

8 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) seiring dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk mempercepat penyaluran bansos untuk membantu perekonomian warga.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir menjelaskan, saat ini pemerintah telah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST).

BST ini menyasar 10 Juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak, termasuk keluarga-keluarga miskin baru.

“Sekarang ini secara bertahap sudah tersalurkan. Artinya sudah dikirim ke rekening- rekening untuk yang lewat Bank Himbara. Sedangkan yang untuk PT. POS juga sudah mulai ada pengantaran uang langsung kepada keluarga penerima manfaat,” ujar Muhadjir pada laman resmi kemenkopmk.go.id.

Muhadjir optimis bahwa penyaluran bansos kali ini akan berjalan lebih baik daripada saat PSBB tahun lalu. 

Hal itu lantaran, kata Muhadjir, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saat ini sudah terverifikasi lebih baik.

Kemudian, dia menyebut bahwa yang paling penting saat ini adalah pengendalian dalam penyaluran BST.

Harapannya, dengan adanya pengendalian tersebut masyarakat dapat memanfaatkan dana BST itu untuk menghidupkan roda perekonomian.

Selain itu, Menko Muhadjir juga menekankan partisipasi masyarakat dari pihak RT dan RW agar ikut serta dalam kontrol penyaluran.

Bahkan jika perlu masing-masing desa dapat memasang daftar nama penerima bansos di gardu-gardu kantor balai desa.

Hal ini bertujuan agar penyaluran dana bersifat transparan dan terlihat jika ada penyelewengan dari Kepala Desa atau Pamong.

Karena jika berkaca pada pembagian bansos tahun lalu, terdapat banyak kasus data KPM ganda, tumpang tindih, dan salah sasaran.

“Saya kira kontrol paling jitu itu justru adalah kontrol sosial dari warga masyarakat itu sendiri. Dengan begitu maka Insya Allah pembagian distribusi dalam rangka mengatasi PPKM Darurat dari aspek perlindungan terhadap mereka yang paling tidak beruntung itu bisa berjalan dengan baik,” pungkas Menko PMK.

(Mel/Ana)