Bea Balik Nama Kendaraan Gratis! Cek Syarat dan Wilayah Berlakunya, Buruan

Bea Balik Nama Kendaraan Gratis! Cek Syarat dan Wilayah Berlakunya, Buruan

28 November 2022 2 By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengadakan program pemutihan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) II.

BBNKB merupakan pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan yang terjadi karena jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, atau pemasukan ke dalam badan usaha.

Melansir dari Instagram Bapenda Jabar, program tersebut berlaku mulai 1 November sampai 23 Desember 2022.

“Pembebasan BBNKB II. Periode pembayaran mulai 1 November s.d. 23 Desember 2022,” tulis akun @bapenda.jabar, seperti dikutip pada Senin (28/11/2022).

Untuk mendapatkan BBNKB gratis, ada syaratnya yakni kendaraan yang dibalik nama adalah bukan kendaraan yang baru dibeli dari dealer.

BBNKB II ini merupakan bea balik nama untuk kendaraan bekas.

Adapun BBNKB II terdiri atas beberapa jenis, antara lain alih kepemilikan kendaraan karena pembelian kendaraan bekas, alih kepemilikan kendaraan karena waris, alih kepemilikan kendaraan karena hibah, dan alih kepemilikan kendaraan karena lelang.

Masyarakat yang ingin mengurus balik nama kendaraan harus menyiapkan persyaratan meliputi STNK asli, E-KTP asli pemilik baru, SKKP/SKPD terakhir, BPKB asli, bukti dan pengalihan kepemilikan.

Kendaraan dihadirkan di Samsat lalu bukti hasil cek fisik dan semua dokumen lainnya difotokopi.

Lalu mekanismenya adalah sebagai berikut:

1. Wajib pajak mengambil dokumen arsip di Depo Arsip

2. Melakukan cek fisik kendaraan

3. Menyerahkan persyaratan di loket pendaftaran

4. Membayar PNBP BPKB di loket pembayaran

5. Melakukan cek kepemilikan di loket progresif

6. Mendaftar & menyerahkan dokumen di loket pendaftaran

7. Petugas akan menetapkan besaran pajak, BBNKB, dan SWDKLLJ serta PNBP STNK dan TNKB, lalu wajib pajak melakukan pembayaran di loket pembayaran

8. Menerima SKPD/SKKP yang diregister & STNK yang telah disahkan di Loket Penyerahan

9. Mengambil TNKB Baru di Workshop TNKB

Sementara itu, keuntungan melakukan balik nama sendiri antara lain agar legalitas kepemilikan kendaraan bermotor terjamin.

Selain itu juga dapat mempermudah persyaratan administrasi pembayaran PKB serta memanfaatkan banyak kemudahan layanan Samsat.

Kemudian juga mempermudah klaim asuransi kecelakaan, menghindari dampak penyalahgunaan kendaraan oleh pihak lain, dan berkontribusi positif untuk pembangunan daerah.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari NESIATIMES.COM di GOOGLE NEWS

Baca Juga:

(Efr/Rah).