Beasiswa Penuh dari Pemerintah, Bisa Kuliah S1-S3 Secara Gratis, Cek Syaratnya

Beasiswa Penuh dari Pemerintah, Bisa Kuliah S1-S3 Secara Gratis, Cek Syaratnya

22 November 2021 1 By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pemerintah menawarkan tiga beasiswa penuh untuk jenjang pendidikan S1 sampai S3 dengan latar belakang apapun.

Pemerintah akan menanggung secara penuh biaya pendidikan penerima beasiswa.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan biaya hidup selama menjalani masa perkuliahan baik di dalam maupun d luar negeri sesuai kebijakan beasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapat pendidikan hingga jenjang tertinggi.

Melansir dari KOMPAS.com pada Senin (22/11/2021), pemerintah mempunyai tiga beasiswa dengan pembiayaan penuh, antara lain:

– Beasiswa Unggulan Kemendikbud-Ristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) biasanya membuka pendaftaran pada Juni atau Juli setiap tahunnya.

Terdapat beberapa kategori, salah satunya beasiswa dalam negeri bernama Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral.

Beasiswa ini ditujukan bagi masyarakat yang berprestasi tingkat internasional dan/atau nasional serta berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang.

Syaratnya, calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa maksimal semester 2.

– Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

KIP Kuliah bisa digunakan untuk mendapatkan akses melanjutkan pendidikan tinggi baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta (PTS).

Biasanya, pemerintah mulai membuka pendaftaran KIP Kuliah pada bulan Februari di setiap tahunnya.

Alur pendaftaran dimulai dari membuat akun kemudian mendaftar sesuai dengan jalur masuk PTN atau PTS.

Syarat khusus bagi penerima beasiswa KIP Kuliah ini salah satunya yakni keterbatasan ekonomi.

Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya. Kemudian, memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

Serta lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

– Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP terbuka untuk program magister/doktor dengan berbagai jenis beasiswa.

Mulai dari Beasiswa Berkebutuhan Khusus Difabel, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Prasejahtera, serta Beasiswa PNS, TNI, dan Polri.

Kemudian, ada juga Beasiswa Kewirausahaan, Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), serta Beasiswa Co Funding.

Beasiswa yang paling ramai peminat adalah Beasiswa Reguler karena menyasar masyarakat umum.

Untuk mendapatkan Beasiswa Reguler terdapat beberapa persyaratan, antara lain merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Kemudian, telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister, dan program magister (S2) untuk beasiswa doktor.

(Mel/Nov).