Bentrok Ormas Bikin Gempar Karawang, Begini Kronologinya

Bentrok Ormas Bikin Gempar Karawang, Begini Kronologinya

25 November 2021 0 By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pihak kepolisian mengungkap duduk perkara kerusuhan antarkelompok organisasi masyarakat (ormas) di Karawang Barat.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menuturkan peristiwa bermula ketika sekelompok ormas melakukan unjuk rasa, Rabu (24/11/2021).

Ormas tersebut melakukan unjuk rasa terkait pengelolaan limbah di depan salah satu perusahaan di kawasan Jalan Interchange (KIIC).

Demo tersebut awalnya berjalan dengan kondusif karena pihak yang berwajib telah melakukan pengamanan sesuai dengan perencanaan.

Akan tetapi, lanjut Aldi, ada sebuah mobil membawa tiga orang dari ormas yang hendak ikut demo tersebut justru melintas di lokasi lain.

Mereka mengaku tersasar kemudian tidak sengaja bertemu dengan ormas lain di tempat yang bukan lokasi unjuk rasa.

Ormas lain tersebut lantas ricuh lalu menghancurkan mobil tersebut dan mengeroyok tiga orang yang ada di dalamnya.

Mengetahui hal tersebut, ormas yang sedang melakukan aksi demo berusaha mendatangi markas ormas yang mengeroyok teman-temannya.

Namun pihak kepolisian berhasil menghadang massa dari kelompok ormas tersebut di akses masuk kawasan KIIC.

Aldi lantas menemui para peserta unjuk rasa dan menjelaskan pihaknya akan terus memperhatikan kondisi ketiga korban.

Menurut Aldi, tiga anggota ormas tersebut mengalami luka-luka namun kini sudah bisa berkomunikasi dan sedang menjalani perawatan medis.

Tak hanya itu, Aldi juga berjanji akan menindak tegas dengan memproses hukum para pelaku pengeroyokan sesuai hasil pemeriksaan.

Pihaknya saat ini masih melakukan pengejaran terhadap pelaku dan memeriksa sejumlah saksi serta mengumpulkan barang bukti.

Dalam kerusuhan tersebut, Polres Karawang menerima back up dari Kodim 0604 Karawang sebanyak 600 anggota.

Di sisi lain, Aldi meminta kepada para stakeholder untuk tetap menjaga kondusifitas supaya situasi di Karawang tetap aman.

(Mel/Nov).