Bobol! Smartphone Samsung Versi 10 Dapat Dibuka Sidik Jari Asing

Bobol! Smartphone Samsung Versi 10 Dapat Dibuka Sidik Jari Asing

21 Oktober 2019 Off By Kevin Hermansyah

NESIATIMES.COM – Smartphone Samsung versi 10 merupakan ponsel pintar keluaran Samsung yang memiliki teknologi yang canggih pada sistem keamanannya.

Seorang pengguna Galaxy S10 melaporkan bahwa smartphone miliknya dapat dibobol oleh sidik jari asing yang tidak terekam pada ponsel pintar ini.

Kerentanan itu terjadi karena ia memasang pelindung layar silikon murah yang baru dibelinya. Dia menyadari bahwa jari kirinya bisa terdeteksi ke smartphone tersebut.

Padahal, ia hanya mendaftarkan sidik jari kanannya saja. Suaminya bahkan juga bisa membuka keamanan Galaxy S10 tersebut.

Silikon murah ini memiliki titik matrik yang tidak tertempel, sehingga membuat fingerprint ultra-sonic ini mengalami gangguan.

Dilansir dari kompas.com, Minggu (20/10/2019), kemungkinan yang terjadi adalah pola dari silikon tersebutlah yang terdaftar di sensor ultrasonic, bukan sidik jari asli pengguna. Dengan begitu, jari siapapun akan lebih mudah membuka kunci layar.

Samsung sudah mengeluarkan pengumuman untuk mencopot silikon murah kepada para pengguna Galaxy Note 10, Note 10 Plus, S10, S10 Plus, dan S10 Plus 5G dan menghapus daftar sidik jari yang terdaftar dan membuat yang baru.

Mereka akan segera mengupdate software untuk mencegah hal ini terjadi lagi kedepannya.

(EFG/KEVIN)