Danpaspampres Ungkap Alasan Puluhan Paspampres Geruduk Polres Jakbar

Danpaspampres Ungkap Alasan Puluhan Paspampres Geruduk Polres Jakbar

9 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Insiden percekcokan antara anggota Paspampres dengan sejumlah polisi di Pos Penyekatan PPKM Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Pasca insiden yang terjadi pada Rabu (7/7/2021) itu, puluhan anggota Paspampres menggeruduk Mapolres Metro Jakarta Barat.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto mengungkapkan alasan puluhan anggotanya itu datang ke sana.

Agus menuturkan bahwa mereka datang untuk memastikan apakah oknum yang terlibat sudah mendapatkan peringatan atau belum.

“Anggota saya yang datang ke polres ingin meyakinkan apakah oknum yang bicara di video ‘kalau kamu Paspampres memang kenapa?’ sudah diberi peringatan oleh atasannya,” terang Agus, Kamis (8/7/2021), seperti dikutip dari KOMPAS.com.

Agus mengatakan hal tersebut lantaran para anggota Paspampres itu menilai bahwa kalimat tersebut telah menyinggung institusi negara.

Lebih lanjut, Agus juga menyatakan insiden tersebut bisa terjadi karena petugas di lapangan belum memahami betul terkait aturan PPKM darurat.

Agus menyebut petugas di lapangan tersebut belum memahami tentang sektor esensial, non-esensial, serta kritikal sesuai dengan Instruksi Mendagri 15/2021.

Ketidakpahaman itulah, yang kemudian menyebabkan miskomunikasi sehingga insiden percekcokan tersebut bisa terjadi.

Kemudian Agus mengatakan bahwa pihaknya kini telah berkoordinsi dengan para Dansat TNI dan Polri di lapangan untuk memahami aturan PPKM darurat.

(Mel/Nov).