Eks Kepala BIN Himbau Masyarakat Waspada Terhadap 2 Organisasi Dokter Ini, Ada Apa?

Eks Kepala BIN Himbau Masyarakat Waspada Terhadap 2 Organisasi Dokter Ini, Ada Apa?

18 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Di tengah pandemi Covid-19, penyebaran hoaks atau informasi palsu masih terus merebak.

Hal tersebut, tentu bisa membahayakan masyarakat bahkan menjadi salah satu penyebab angka Covid-19 yang masih tinggi sampai saat ini.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono menyebut ada organisasi dokter yang turut menyebarkan informasi sesat soal Covid-19.

Oleh karena itu, Hendropriyono pun mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap informasi sesat terkait Covid-19.

“Masyarakat mohon waspada terhadap penyesatan yang diviralkan melalui media sosial akhir-akhir ini,” tegasnya, seperti dikutip dari ZONAJakarta pada Senin (16/8/2021).

Hendropriyono menilai penyesatan tersebut dapat membuat masyarakat lengah sehingga pandemi Covid-19 terus merajalela.

Lebih lanjut, Hendropriyono membeberkan ada dua organisasi dokter yang menyebarkan hoaks yakni Ärzte für Aufklärung dan World Doctor’s Alliance.

Ärzte für Aufklärung sendiri didirikan pada Mei 2020 oleh dr. Heiko Schöning sementara World Doctor’s Alliance berdiri pada Juni 2020.

Hendropriyono menyebutkan kedua organisasi tersebut bukanlah organisasi resmi melainkan bentukan dari sekumpulan dokter.

Kemudian Hendropriyono juga menilai bahwa organisasi tersebut selalu bertentangan dengan semua asosiasi dokter resmi.

Termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Robert Koch Institut Jerman (RKI), serta Badan Internasional tentang epidemi lainnya.

(Mel/Nov).