Fakta Mengejutkan Sosok Khadwanto SH, Hakim yang Vonis Habib Rizieq 4 Tahun Penjara

Fakta Mengejutkan Sosok Khadwanto SH, Hakim yang Vonis Habib Rizieq 4 Tahun Penjara

25 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Ketua Majelis Hakim Khadwanto SH memvonis Habib Rizieq Shihab empat tahun penjara terkait perkara hasil tes swab di RS Ummi Bogor. 

Khadwanto SH menghakimi perkara nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait tes usap di RS Ummi, bersama hakim anggota masing-masing Mu’Arif, dan Suryaman.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama empat tahun,” begitu pernyataan Ketua Majelis Hakim Khadwanto saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021).

Hakim menilai Habib Rizieq turut terlibat melakukan perbuatan dengan sengaja membiarkan pemberitahuan bohong.

Sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama primer penuntut umum, pemberitaan bohong itu kemudian menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

“Mengadili terdakwa, menyatakan Muhammad Rizieq bin Husein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana,” kata hakim.

Menyoroti sosok Hakim Khadwanto SH, dalam website PN-Jakartatimur.go.id tertera bahwa ia merupakan hakim dengan lulusan Sarjana.

Golongan dan pangkatnya dalam induk kepegawaian sudah berpangkat IV/b dengan NIP: 196601121992121001. 

Sementara itu, Hakim Khadwanto SH juga pernah menangani kasus besar seperti kasus mafia tanah Benny Simon Tabalujan.

Hingga kini kasus itu belum rampung karena polisi masih memburu tersangka yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dan berada di Australia.

Dalam kasus mafia tanah Benny ini, Komisi Yudisial (KY) dan Komisi Kejaksaan (Komjak) bahkan turun tangan mengawasi persidangan.

Hal ini bertujuan agar semua proses hukum berjalan sesuai dengan asas peradilan yang berlaku.

(Mel/Ana)