Ganjar Keluarkan Peringatan untuk Seluruh Bupati-Wali Kota di Jateng, Ada Apa?

Ganjar Keluarkan Peringatan untuk Seluruh Bupati-Wali Kota di Jateng, Ada Apa?

15 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pada rapat penanganan Covid-19, Senin (14/6/2021), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan tidak boleh ada bupati/wali kota yang berseberangan dalam pengendalian Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Oleh sebab itu, Ganjar menginstruksikan semua bupati/wali kota di Jawa Tengah yang daerahnya masuk dalam zona merah membuat kesepakatan bersama.

“Contoh Kudus dan sekitarnya, mereka butuh kesepakatan bagaimana mengatasi pelintas batas, orang belanja, orang bekerja dan lainnya. Kalau aturannya tidak sama, maka ini akan menimbulkan potensi gesekan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ganjar dia telah memerintahkan seluruh sekda untuk mengadakan rapat guna membahas kesepakatan-kesepakatan bersama itu.

Ganjar menyebut beberapa hal yang harus mereka bahas misalnya bagaimana cara menangani warga dari kabupaten/kota lain.

Lalu bagaimana mengatur waktu atau tata cara beribadah, karena Sragen sudah mengusulkan dan MUI setempat mengizinkan untuk beribadah di rumah.

Tempat wisata dan kegiatan keramaian  juga tak luput dari pembahasan mereka.

Hal ini bertujuan agar ada keselarasan kebijakan tiap daerah, jangan sampai ada tempat wisata yang buka sedang yang lain masih tutup.

Lebih lanjut, rapat tersebut juga membahas tentang persiapan semua daerah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 serta munculnya varian baru.

Berkaitan dengan hal itu, Ganjar sudah mengambil langkah dengan menambah tempat tidur di rumah sakit, baik ICU maupun isolasi di beberapa daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, vaksinasi memang menjadi kunci penanganan Covid-19.

Untuk itu Yulianto meminta seluruh daerah di Jawa Tengah meningkatkan program vaksinasi.

(Mel/Mel)