Siapa yang Kasih Tahu Pembunuh Wanita Ini Bakal Diberi Rp 1 Miliar

Siapa yang Kasih Tahu Pembunuh Wanita Ini Bakal Diberi Rp 1 Miliar

14 September 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Kasus pembunuhan terhadap mahasiswi Jepang bernama Junko Kobayashi pada September 1996 silam belum juga terungkap.

Melansir dari Japan Today, Selasa (14/9/2021), polisi telah memeriksa lebih dari 75 ribu orang saksi serta meneliti 1.000 petunjuk.

Namun sampai saat ini, kasus yang sudah menjadi misteri selama 25 tahun itu tak kunjung juga bisa terpecahkan.

Peristiwa pembunuhan tersebut mencuat saat rumah tempat tinggal Junko Kobayashi habis terbakar dan ia ada di dalamnya.

Akan tetapi, pihak kepolisian memastikan mahasiswi Universitas Sophia itu tidak meninggal dunia karena kebakaran tersebut.

Pihak kepolisian mengaku menemukan jenazah terbungkus selimut tebal dengan kaki dan tangan terikat dan ia tewas karena tikaman pisau.

Dalam upaya memecahkan kasus tersebut, pihak kepolisian telah menyiapkan imbalan senilai 3 juta yen untuk pemberi informasi yang mengarah pada pelaku.

Selain itu, pihak keluarga korban juga menambahkan 5 juta yen sehingga totalnya mencapai 8 juta yen setara dengan Rp1,03 miliar.

Badan Kepolisian Nasional pun sampai harus memperpanjang periode hadiah satu tahun lagi untuk membantu memecahkan teka-teki dalam kasus tersebut.

Situs berita Jepang, Senkei Digital, pada 4 September 2014 silam melaporkan bahwa Polisi Metropolitan Tokyo sempat bekerja sama dengan teknisi percetakan 3D.

Mereka membuat reka ulang TKP berdasarkan pada foto-foto dari tahun 1996 dan cetak biru dari gedung lokasi kejadian.

Kemudian, mencetak model struktur dua lantai kecil dalam skala 1:28 yang diharapkan dapat menafsirkan pembunuhan, TKP, serta faktor lainnya.

Departemen Kepolisian Tokyo juga berharap model skala tersebut dapat membantu ingatan penduduk setempat serta polisi yang terlibat dalam kasus tersebut.

Polisi sendiri sebelumnya telah merilis ilustrasi pria mencurigakan berdasarkan gambaran sejumlah saksi yang melihatnya dalam waktu bersamaan.

Ilustrasi polisi tentang pria mencurigakan dalam kasus pembunuhan-kebakaran mahasiswi di Jepang. (Sumber: Dok. Departemen Kepolisian Metropolitan).

Mengutip dari Mainichi Shimbun, pria tersebut kurus dengan tinggi sekitar 150-160 meter dan tampak berdiri sekitar 15 meter dari sebuah rumah.

Perawakannya yang kecil seakan tenggelam pada jas hujan besar warna kuning yang ia kenakan, serta membawa payung hitam karena kala itu sedang musim gugur yang agak dingin.

(Mel/Nov).