Tak Terima Jadi Tersangka Dugaan Suap, Hakim Agung Gazalba Saleh Ambil Tindakan, Ini Serius!

Tak Terima Jadi Tersangka Dugaan Suap, Hakim Agung Gazalba Saleh Ambil Tindakan, Ini Serius!

28 November 2022 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus dugaan suap.

Gazalba kemudian mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Melansir dari Antara, Senin (28/11/2022), permohonan praperadilan itu terdaftar dengan nomor perkara 110/Pid.Pra/2022/PN JKT.SEL.

Gazalba mendaftarkan permohonan praperadilan dengan klasifikasi perkara sah atau tidaknya penetapan tersangka pada Jumat (25/11/2022).

Adapun dalam permohonan tersebut, Gazalba Saleh sebagai pemohon sedangkan KPK sebagai termohon.

Dalam petitumnya, Gazalba meminta hakim mengabulkan permohonan praperadilan untuk seluruhnya.

Kemudian, menyatakan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan KPK Nomor: B/714/DIK.00/23/11/2022 tanggal 1 November 2022 yang menetapkan pemohon sebagai tersangka terkait peristiwa pidana, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf c dan/atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP adalah tidak sah dan tidak berdasar atas hukum, dan oleh karenanya penetapan a quo tidak mempunyai kekuatan mengikat.

Selanjutnya, menyatakan penetapan tersangka sebagaimana dimaksud dalam pasal tersebut adalah tidak sah dan tidak berdasar atas hukum.

Serta memulihkan hak pemohon dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Gazalba sebagai tersangka dalam pengembangan kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Pada 27 Oktober 2022 lalu, KPK sempat memeriksa Gazalba sebagai saksi untuk tersangka Hakim Agung nonaktif Sudrajad Dimyati (SD) dan kawan-kawan di Gedung Merah Putih KPK.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari NESIATIMES.COM di GOOGLE NEWS

Baca Juga:

(Yar/Nov).