Mulai 12 Juli, Hanya Hasil Swab PCR dari Laboratorium Ini yang Diakui saat Perjalanan

Mulai 12 Juli, Hanya Hasil Swab PCR dari Laboratorium Ini yang Diakui saat Perjalanan

12 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Terdapat 742 laboratorium yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menerbitkan hasil swab PCR sebagai syarat penerbangan atau perjalanan.

Mulai 12 Juli 2021, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 hanya menerima dan mengakui hasil tes Covid-19 metode PCR dari 742 laboratorium tersebut.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dan mengurangi laju penularan Covid-19 di Tanah Air yang melonjak naik.

Bahkan tercatat kasus infeksi harian Indonesia merupakan yang tertinggi se-Asia dengan kasus kematian lebih dari 1.000 orang.

Awalnya, pemberitahuan ini beredar melalui pesan broadcast WhatsApp, begini bunyinya:

BREAKING NEWS

Mulai 12 Juli 2021, pemerintah (Satgas Covid-19) hanya mengakui hasil tes PCR dari 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai syarat penerbangan/perjalanan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan setiap penumpang dalam bepergian serta menekan laju penyebaran virus corona. Data dari hasil pemeriksaan swab PCR/antigen tersebut akan masuk dalam data NEW ALL RECORD atau NAR yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk lab-lab yang belum memasukkan data ke NAR, mulai hari Senin, 12 Juli 2021 hasil swab PCR atau antigennya tidak berlaku untuk penerbangan atau perjalanan.

Berikut saya sampaikan daftar 742 Lab Pemeriksa yang berada di bawah Kemenkes ini tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Covid-19,

Lantas, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi membenarkan isi pesan tersebut.

Sementara itu, daftar 742 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia bisa dilihat DI SINI.

(Mel/Mel)